Selasa 12 Mar 2013 08:33 WIB

Bahaya Menonton di Bioskop yang Kotor (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Menonton bioskop (ilustrasi).
Foto: nalakagunawardene.com
Menonton bioskop (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak semua bioskop itu bersih dan bebas dari kotoran. Pernahkah anda ke bioskop dan merasakan ada residu aneh yang lengket di bawah sepatu anda? Pernahkah anda menemukan kondisi bahwa ada air soda yang berceceran di lantai bioskop tempat anda menonton? Berikut adalah enam bahaya kesehatan jika anda menonton di sembarang bioskop, dikutip dari SymptomFind, Selasa (12/3).

1. Snack yang tak steril

Anda perlu memperhatikan apakah snack yang anda beli di bioskop melewati proses sanitasi yang sama amannya dengan snack yang anda makan di restoran. Bahkan, jika mereka hanya menyerahkan anda sekotak permen, mungkin saja permen itu disimpan sembarang sehingga bisa diakses oleh cicak atau tikus.

Beberapa jenis makanan yang dibeli di bioskop bisa saja disentuh oleh tangan-tangan karyawan yang kotor. Popcorn, nachos, dan hot dog adalah beberapa contoh dari beberapa jenis makanan yang sangat mungkin menjalani kondisi demikian. Anda perlu memastikan bahwa anda membeli makanan dan bioskop yang bersih. Jangan sampai anda keracunan akibat makan dari hot dog yang kotor.

2. Kacamata 3-D yang kotor

Menonton film dalam format 3-D adalah cara terbaik untuk menikmati blockbuster musim panas. Tetapi, jika kacamata 3-D yang anda pakai justru menularkan penyakit mata yang berasal dari pemakai kacamata sebelumnya maka ini akan merugikan anda. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan sebagian bioskop diminta untuk mencuci ulang kacamata 3-Dnya karena masih kotor.

Kacamata 3-D tersebut bahkan banyak ditemukan mengandung Staphylococcus aureus, bakteri yang dapat menyebabkan infeksi Staph atau penyakit mata yg menular dan mungkin menyebabkan pneumonia. Jika anda ingin menghindari bahaya kesehatan potensial, pastikan anda benar-benar menghapus ulang kacamata 3-D yang anda gunakan di bioskop minimal dengan tisu.

3. Kotoran bekas toilet

Kotoran bekas toilet juga bisa ditemukan di dalam ruangan teater bioskop. Ini juga sangat mungkin menular ke makanan anda. Anda mungkin perlu sedikit khawatir karena laporan KLTV di bioskop-bioskop East Texas menemukan banyak kotoran bekas toilet ditemukan menempel di kursi-kursi bangku bioskop. Ini berasal dari penonton yang memang pola hidupnya jorok. Misalnya, tidak suka mencuci tangan usai keluar dari toilet.

Kotoran mereka kemudian menempel di jari jemari mereka dan akhirnya menempel saat mereka misalnya menyentuh sandaran kursi atau lengan kursi di ruang teater. Ini akan semakin buruk apabila ruangan bioskop tersebut jarang dibersihkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement