Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Hati-Hati.. Minum Air Terlalu Banyak Ternyata Berbahaya

Rabu 06 Mar 2013 23:23 WIB

Red: Citra Listya Rini

Meminum air (ilustrasi).

Meminum air (ilustrasi).

Foto: extension.usu.edu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda termasuk orang yang seringkali meneguk air putih? Hati-hati, terlalu banyak minum ternyata berbahaya bagi kondisi tubuh.

"Minum terlalu banyak air bisa memicu hiponatremia, yaitu menurunnya kadar natrium dalam tubuh. Ini bisa berakibat fatal," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam FKUI-RSCM Parlindungan Siregar di Jakarta, Rabu (6/3).

Parlindungan mengungkapkan, kekurangan natrium dalam tubuh yang terjadi secara lambat bisa menyebabkan penderita mudah mengantuk. Bila terjadi secara cepat, kekurangan natrium bisa menyebabkan kematian.

Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, sebagai penjaga kadar garam dalam darah.

Kekurangan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan volume darah menurun sehingga tekanan darah menurun, namun denyut jantung meningkat tajam.

Natrium juga penting untuk penyerapan glukosa di dalam usus dan ginjal.

"Maka sebaiknya jangan meminum air lebih dari empat liter per 24 jam, karena kadar natrium bisa menurun. Selanjutnya, pada manula jangan konsumsi air lebih dari 1,5 liter per 24 jam," saran Parlindungan.

Parlindungan menambahkan kadar natrium dalam tubuh manula sudah mengalami pengurangan sehingga konsumsi air yang terlalu banyak bisa memperburuk kadar natrium dalam tubuh.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA