Kamis 28 Feb 2013 23:05 WIB

Musim Terakhir Mesin Cosworth di F1

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Mansyur Faqih
Tim Marussia memperkenalkan mobil MR01
Tim Marussia memperkenalkan mobil MR01

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Musim 2013 bisa jadi kali terakhir bagi Cosworth menjadi pemasok mesin di Formula 1. Pabrikan asal Inggris ini disebut bakal keluar dari kompetisi balap paling bergengsi sejagat tersebut mulai musim depan.

Direktur Sport Marussia F1, Graeme Lowdon mengatakan, belum ada pengumuman resmi dari Cosworth. Namun, ia yakin pabrikan yang telah enam dekade malang melintang di F1 itu akan keluar akhir musim ini.

"Tentu saja saya tidak bekerja untuk Cosworth. Tapi pemahaman saya, Cosworth tak akan membuat mesin untuk 2014. Hanya akan ada tiga pemasok, yaitu Mercedes, Renault, dan Ferrari," kata dia seperti dilansir laman Autosport, Kamis (28/2).

Lowdon menjelaskan, kebijakan Cosworth itu terkait aturan baru Federasi Balap Mobil Dunia (FIA) yang mengharuskan mobil F1 beralih dari mesin V8 (delapan silinder) menjadi V6 (enam silinder) mulai musim depan. Menurut Lowdon, Cosworth sangat keberatan dengan aturan baru tersebut. 

"Saya percaya bahwa Cosworth tak akan mengembangkan mesin V6," imbuhnya.

Marussia merupakan satu-satunya tim F1 yang menggunakan mesin Cosworth musim ini. Dengan kencangnya isu pengunduran diri Cosworth, Lowdon menyatakan, Marussia tengah mencari pemasok mesin baru untuk musim depan. 

Menurut dia, dengan hanya tiga pabrikan yang bertahan, tak akan sulit menentukan pemasok pengganti.

Coworth pertama kali ambil bagian di F1 pada 1963. Perusahaan yang didirikan oleh Mike Costin dan Keith Duckworth ini merupakan salah satu pemasok mesin tersukses sepanjang sejarah F1. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement