Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Hari Ini 28 Februari Partai Republik AS Didirikan

Kamis 28 Feb 2013 07:59 WIB

Rep: Niken Paramitha Wulandari/ Red: M Irwan Ariefyanto

Logo Partai Republik AS

Logo Partai Republik AS

Foto: althistory.wikia.com

REPUBLIKA.CO.ID,Hari ini, 28 Februari 1854 tepatnya 159 tahun yang lalu Partai Republik AS (bahasa Inggris: Republican Party, sering disingkat GOP untuk Grand Old Party) didirikan. Partai Republik adalah salah satu dari dua partai politik besar di Amerika Serikat. Setelah kemenangan mutlak Obama dalam dua pemilu terakhir, partai ini kehilangan kedudukannya di pemerintahan namun masih menjadi mayoritas dalam Senat dan Dewan Perwakilan AS.

Di Amerika, Partai Republik adalah partai yang lebih konservatif di antara kedua partai besar.

Partai yang didirikan di Ripon Wisconsin pada 28 Februari 1854, awalnya didirikan sebagai sebuah partai yang melawan perbudakan. Partai ini tidak sama dengan Partai Demokratik-Republik AS-nya Thomas Jefferson atau Partai Republik Nasional AS-nya Henry Clay.

Konvensi pertama Partai Republik diadakan pada 6 Juli 1854 di Jackson, Michigan. Banyak dari kebijakan awalnya terinspirasi dari Partai Whig AS. Banyak dari anggota awalnya berasal dari Partai Tanah Bebas (Free Soil Party) dan Partai Amerika. Sejak didirikan, oposisi utamanya adalah Partai Demokrat.

Simbol resmi Partai Republik adalah gajah. Meski gajah telah sering dikaitkan dengan partai tersebut, sebuah kartun politik karya Thomas Nast, yang diterbitkan di Harper's Weekly pada 7 November 1874, dianggap penggunaan penting pertama simbol tersebut. Pada awal abad ke-20, simbol tradisional Partai Republik di negara-negara bagian barat tengah seperti Indiana dan Ohio adalah elang, berlawanan dengan ayam jantan yang digunakan Demokrat. Simbol ini masih tampil dalam kertas suara di Indiana.

sumber : Wikipedia
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA