Kamis 21 Feb 2013 19:58 WIB

Desain Knalpot Williams F1 Ilegal

Rep: Adi Wicaksono/ Red: M Irwan Ariefyanto
Sistem pembuangan gas mobil fw35 milik WIlliams diduga ilegal
Foto: f1
Sistem pembuangan gas mobil fw35 milik WIlliams diduga ilegal

REPUBLIKA.CO.ID,BARCELONA -- Optimisme tinggi yang diusung tim Williams F1 dengan mobil barunya di musim ini menemui batu sandungan.

Federasi Balap Mobil Dunia (FIA) menilai, sistem pembuangan gas pada mobil FW35 milik Williams ilegal.Mobil FW35 diperkenalkan Williams beberapa saat menjelang sesi tes pramusim di Sirkuit Katalunya, Spanyol, awal pekan ini.

Di hari pertama tes, Pastor Maldonado finis dengan catatan waktu tercepat kelima. Tapi, kemudian FIA memutuskan desain knalpot mobil tersebut melanggar aturan teknis musim ini.

Sebagian besar mobil F1 musim ini menyalurkan gas buang ke bagian belakang mobil. Dalam sistem ini, Williams kedapatan menerapkan semacam slot pembuangan di bagian atas untuk mendukung aerodinamika.

Desain pembuangan gas FW35 juga dinilai FIA menggunakan desain satu celah. Padahal dalam aturan, semestinya saluran pembuangan terdiri dari dua celah.

Direktur Teknis Williams, Mike Coughlan, menampik tudingan FIA terkait desain knalpot FW35. "Mobil kami tak bermasalah. Sebab, jika Anda lihat dengan seksama, saluran itu dua celah, bukan satu celah. Desain kami adalah satu aperture yang digabungkan oleh sebuah slot yang sangat kecil. Jadi, sebetulnya itu adalah dua celah jika Anda lihat lebih dekat," paparnya seperti dilansir laman Crash, Kamis (21/2).

Coughlan malah menuding desain knalpot tim Caterham yang ilegal. Menurut dia, desain Caterham yang menambahkan baling-baling di saluran pembuangan telah melanggar aturan. "Bagi saya, desain Caterham itu jelas-jelas tak diperbolehkan," tegasnya.

FIA merespons cepat tudingan Coughlan ini. Otoritas tertinggi balapan F1 ini lantas melarang desain knalpot Williams dan Caterham. FIA memutuskan, larangan desain kedua tim berlaku mulai race pertama di Australia, akhir Maret mendatang.

Juru bicara tim Williams menyatakan keberatan atas keputusan FIA. Williams menyatakan akan mempertahankan desain sistem pembuangannya dan akan meminta klarifikasi lebih lanjut kepada FIA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement