Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

10 Gaun Mendiang Putri Diana Akan Dilelang

Kamis 21 Feb 2013 19:52 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini

Mendiang Putri Diana

Mendiang Putri Diana

Foto: telegraph.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebanyak 10 gaun milik mendiang Putri Diana yang paling menjadi ikon selama masa hidupnya akan dilelang pada bulan depan. Nilai lelang tersebut ditaksir mencapai lebih dari 830 ribu euro.

Gaun yang dilelang tersebut termasuk gaun yang dipakai untuk acara Saturday Night Diva. Diana memakai gaun itu ketika dansa dengan John Travolta di Gedung Putih pada 1985. Gaun sutra beludru rancangan Victor Edelstein berwarna biru tersebut menjadi gaun paling terkenal yang pernah dipakai Diana. Gaun tersebut bernilai hingga 300 ribu euro. 

Gaun rancangan Catherine Walker berwarna pink berbahan sutra digunakan Diana dalam kunjungannya ke India pada 1992. Gaun itu bernilai hingga 120 ribu euro. Ada lima gaun mewah dari Catherine Walker, yang lainnya merupakan rancangan Victor Edelstein, Bruce Oldfien, dan Zandra Rhodes. 

Dailymail melaporkan rumah lelang Kerry Taylor akan melelang gaun itu di London pada 19 Maret. Sebelum Diana meninggal dalam kecelakaan di Paris, Diana mengumpulkan dana hingga 2 juta euro dengan menjual 79 gaun rancangan desainer di rumah lelang Cristie di New York. 

Dalam katalog lelang, Diana menulis, "Inspirasi untuk penjualan ini datang dari satu orang, anakku William". Ketika masih berusia 15 tahun, Pangeran William mengatakan pada ibunya untuk menjual pakaiannya untuk amal. 

Sosialita asal Florida, Maureen Dunkel membeli 13 gaun saat lelang tersebut dengan nilai hingga 500 ribu euro. Namun, setelah dia dililit utang, pengadilan Florida memerintahkan dia untuk menjual gaun Diana. Kemudian, dia menjual 10 gaun tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA