Rabu 20 Feb 2013 06:20 WIB

IPSI Usulkan 'Silat Minangkabau' Masuk Ekstrakurikuler Sekolah

Pencak Silat (ilustrasi)
Foto: Antara/Syaiful Arif
Pencak Silat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Padang, Sumatera Barat, memprogramkan olahraga beladiri, yakni Silat Minangkabau, dijadikan ekstrakurikuler wajib di sekolah.

"Kami memprogramkan silat bisa dipelajari bukan saja di perguruan silat, melainkan juga di sekolah sehingga seni beladiri ini bisa dikenal generasi muda lebih luas. Kami rencanakan silat bisa menjadi ekstrakurikuler di sekolahan," kata Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) IPSI Padang, Adip Alzikri, seperti dikutip Antara.

Adip yang juga menjabat Kepala Harian IPSI Sumbar dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Kadispora) itu mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan IPSI Sumbar untuk memasukkan silat dalam ekstrakurikuler wajib sekolah.

Dia menyebutkan bahwa silat yang merupakan olahraga asli Minangkabau dikhawatirkan kehilangan pewaris. Sebab, generasi muda sekarang cenderung memilih olahraga yang datang dari luar daerah.

Padahal, dahulu para pemuda Minang di surau dan mendapat pelajaran silat dari gurunya. Mereka juga diajari falsafah dari setiap gerakan silat itu.

"Sangat malu rasanya kalau pemuda Minang tidak mengetahui olahraga tradisional milik daerahnya,'' katanya. Apalagi, silat adalah olah raga mengandung banyak filosofi.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement