Selasa 19 Feb 2013 18:00 WIB

DJP Jaksel Gandeng ROL Kampanyekan 'SPT Itu Mudah'

ROL to Campus di Universitas Pancasila
ROL to Campus di Universitas Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menunjukkan komitmen edukasi perpajakan kepada mahasiswa, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan menyelenggarakan acara workshop perpajakan bertemakan “SPT (Surat Pemberitahuan) Itu Mudah”.

Workshop “SPT Itu Mudah” merupakan tema utama yang ingin disampaikan oleh Kanwil DJP Jakarta Selatan dengan kolaborasi ROL (Republika Online) sebagai media penunjang. Acara ini diselenggarakan dengan mengajak para mahasiswa mempelajari jurnalistik secara langsung lewat arahan para wartawan senior Republika yang kompeten di bidangnya.

ROL to campus direncanakan bakal menyambangi enam universitas di wilayah Jakarta Selatan yang telah bekerjasama dengan Kanwil DJP Jakarta Selatan melalui tax center.

Pada roadshow pertamanya, Universitas Pancasila menjadi universitas pertama yang dikunjungi. Bertempat di aula lantai empat Universitas Pancasila, acara ROL to campus kemarin resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Pancasila, Tri Widyastuti.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Kanwil DJP Jakarta Selatan, Endaryono, turut mengapresiasikan penyelenggaraan acara ini.

“Terselenggaranya acara ini diharapkan mampu mengubah mindset masyarakat selama ini bahwa mengisi SPT itu rumit atau susah,'' kata Endaryono.

Endaryono mengatakan pihaknya ingin menciptakan mahasiswa-mahasiswa sebagai kader pandu pajak yang membantu DJP dalam menyebarkan pengetahuan perpajakan. Upaya itu dimulai dengan mengampanyekan bahwa pengisian SPT itu mudah.

Animo Mahasiswa

Sambutan positif ditunjukkan oleh mahasiswa terhadap acara ini. Hal ini terlihat dari jumlah mahasiswa yang hadir mencapai lima puluhan orang. Meski acara digelar bersamaan dengan jadwal libur kuliah, namun tetap saja tidak mengurangi antusias mahasiswa untuk turut serta dalam workshop ini.

Pada awal acara, para mahasiswa terlebih dahulu memperoleh materi perpajakan pengisian SPT Tahunan 1770 SS, 1770 S, dan 1770 serta penyampaian SPT secara e-filling oleh pihak Kanwil DJP Jakarta Selatan.

Materi pengetahuan yang diberikan diharapkan mampu menjadi bekal bagi mahasiswa dalam mengisi SPT Tahunan yang merupakan kewajiban wajib pajak setiap tahunnya.

Melalui materi ini, mahasiswa mulai mengenal bahwa pengisian SPT itu ternyata mudah. Hal ini sesuai dengan tema workshop sehingga mahasiswa diharapkan mampu menjadi kader-kader pandu pajak dalam membagikan pengetahuan mengenai pengisian SPT kepada masyarakat.

Puas dengan bekal materi perpajakan yang diberikan, saatnya para mahasiswa mendapatkan materi jurnalistik. Kepala Republika Online (ROL), Irwan Ariefyanto, membagikan ilmu dan pengalamannya seputar jurnalistik.

Lomba Tulisan

Irwan memberikan materi penulisan jurnalistik mulai dari komponen penulisan hingga syarat-syarat agar sebuah tulisan layak dimuat.

Agar materi lebih mengena, mahasiswa ditantang untuk praktik langsung bagaimana cara melakukan wawancara. Mahasiswa juga ditantang untuk langsung menulis sebuah tulisan pajak berdasarkan materi yang telah diberikan ataupun berdasarkan pandangan mahasiswa selama ini.

Tulisan pajak hasil karya mahasiswa itu akan dimuat di website ROL. Tidak hanya itu, tulisan para mahasiswa akan dilombakan untuk mendapatkan hadiah menarik. Pemenangnya ditentukan berdasarkan jumlah pembaca tulisan tersebut.

Irwan mengharapkan bekal penulisan yang telah diberikan itu tidak menguap begitu saja. ''Mahasiswa diharapkan mampu membagi hasil tulisan mereka kepada khalayak sehingga membawa pengaruh positif kepada para pembaca mengenai pentingnya pajak,'' katanya.

sumber : DPJ Jaksel
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement