Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Pakistan Bersiap Bangun Menara Tertinggi di Dunia

Selasa 19 Feb 2013 11:40 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih

Burj Khalifa, menara tertinggi di Dunia yang ada di Dubai

Burj Khalifa, menara tertinggi di Dunia yang ada di Dubai

REPUBLIKA.CO.ID, KARACHI -- Kota terbesar di Pakistan, Karachi akan memiliki menara tertinggi di dunia. Menara itu akan mengalahkan Burj Khalifa di Dubai yang saat ini menjadi menara tertinggi di dunia.

Taipan konstruksi, Malik Riaz telah menandatangani miliaran dolar kontrak dengan grup Abu Dhabi untuk proyek tersebut. Kemungkinan, pembangunan akan dilakukan di sebuah pulau yang berjarak sekitar empat kilometer dari Karachi.

Berdasarkan keterangan Riaz, proyek tersebut akan membuat 2,5 juta lapangan pekerjaan dan mempromosikan investasi di negara. Riaz menandatangani 45 miliar dolar AS dengan grup Abu Dhabi yang juga menjalankan bisnis bank Al-Falah di Pakistan.

Kesepakatan tersebut menyatakan, 35 miliar dolar AS investasi akan dibuat di Sind. Sementara, 10 miliar dolar AS akan diinvestasikan di Islamabad dan Lahore. 

Namun, kapan pembangunan dilaksanakan belum dirinci. "Kami telah memilih lokasi untuk mega proyek yang akan membutuhkan lahan 16 ribu acre dan juga menjadi lokasi untuk 125 ribu rumah, " ungkap Riaz seperti dilansir Arabnews, Selasa (19/2).

Selain akan menjadi bangunan tertinggi di dunia, gedung tersebut akan dilengkapi berbagai fasilitas. 

"Proyek ini termasuk sebuah kota media, kota olahraga, kompleks internasional, kompleks pengobatan dan pendidikan, restoran, pusat perbelanjaan, dan gedung serbaguna, " ungkap Riaz.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA