Jumat 08 Feb 2013 17:21 WIB

Concorde Agreement: Bernie Ecclestone Vs Martin Whitmarsh

Concorde Agreement: Bernie Ecclestone VS Martin Whitmarsh
Concorde Agreement: Bernie Ecclestone VS Martin Whitmarsh

SPORTKU.COM - Orang nomor satu sekaligus pemegang hak komersial F1, Bernie Ecclestone melakukan pertemuan dengan para manajemen tim yang berlaga di F1, Kamis (7/2) kemarin. Setelah berhasil menjalin kerjasama dengan maskapai Internasional Fly Emirates, Bernie langsung bertolak ke London untuk menghadiri meeting tersebut. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas seputar beberapa isu dan masa depan balapan "jet darat".

Sejauh ini, meski penyelenggara F1 dan FIA belum juga mencapai kesepakatan terkait Concorde Agreement jilid terbaru, namun itu bukan menjadi concern Bernie. Dalam pertemuan tersebut ia lebih fokus membahas masalah finansial serta aturan penggunaan mesin baru di musim 2014.

Beberapa tim mengapresiasi baik kinerja Bernie, akan tetapi mereka tetap merasa tidak nyaman dengan gaya kepemimpinan Bernie yang sedikit kontroversial. Beberapa pekan sebelumnya, Bernie Ecclestone sempat melontarkan pernyataan bahwa F1 tidak membutuhkan Concorde Agreement.

Hal inilah yang melatarbelakangi kegusaran beberapa tim. McLaren salah satunya, dilansir dari autosport.com, Jumat (8/2) Bos McLaren, Martin Whitmarsh berpendapat bahwa Condorde Agreement sangat penting bagi keberlangsungan F1.

"Kita membutuhkan kesepakatan saat ini, pastinya Concorde Agreement terbaru harus selesai. Kita membutuhkannya. Saya berharap semuanya setuju dengan pedapat saya," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa situasi di F1 saat ini sedang krisis dan tidak sehat, ditambah lagi maraknya fenomena "pay driver" yang dilakukan beberapa tim dengan merekrut pembalap yang memiliki potensi mendatangkan banyak sponsor. Tidak hanya itu, beberapa tim yang collaps seperti HRT (Hispania Racing Team) menjadi peringatan yang jelas bagi semua tim.

"Secara pribadi, saya menganggap situasi ini menyedihkan. Dengan status kejuaraan balap terbesar di dunia, fenomena "Pay Driver" seharusnya tidak terjadi di sini," ungkap Whitmarsh.

Concorde Agreement merupakan ikatan perjanjian antara Federasi Automobile Internasional (FIA), FOTA, dan pemilik saham di F1. Isi perjanjian tersebut antara lain meliputi regulasi, pembagian hak penyiaran televisi, hingga hadiah untuk juara. Perjanjian ini pertama kali dicetuskan tahun 1981. Saat ini yang sedang di negosiasikan adalah Concorde Agreement edisi ketujuh yang akan berlaku dari tahun 2013 hingga 2020.

Pemegang hak komersial F1, Bernie Ecclestone - (foto: dailymail)formula 1, f1, fia, concorde agreement, mclaren, bernie ecclestone, krisis f1

sumber : mobil.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement