Kamis 07 Feb 2013 17:23 WIB

Unair Peringkat 10 Versi Webometric

Logo Unair
Logo Unair

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Seringkat Universitas Airlangga (Unair) versi Webometrics per Januari 2013 meningkat, terutama peringkat di tingkat dunia, kata Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair Dr MG Bagus Ani Putra SPsi Psi di Surabaya, Kamis.

"Secara nasional, Unair berada di posisi 'top ten' Indonesia, sedangkan di tingkat Asia Tenggara menempati urutan 35 dan peringkat dunia 929. Data webometrics per Juli 2012 mencatat Unair menempati peringkat 11 secara nasional, peringkat 35 di Asia Tenggara, dan peringkat 988 di dunia," paparnya.

Webometrics merupakan perangkingan perguruan tinggi di dunia dengan parameter yaitu "Size" (S), "Visibility" (V), "Rich Files" (R) dan "Scholar" (Sr).

S adalah jumlah halaman yang ditemukan di mesin pencari, V adalah jumlah tautan eksternal, Rf merupakan volume file yang ada di suatu perguruan tinggi, dan Sr adalah jumlah tulisan ilmiah.

Laman Webometrics.info per Januari 2013 mencatat Unair berada pada posisi 10 setelah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (peringkat 8) dan Universitas Padjajaran (peringkat 9). Untuk "tiga besar" nasional adalah Universitas Gadjah Mada (Peringkat 1), Intitut Teknologi Bandung (Peringkat 2) dan Universitas Indonesia (peringkat 3).

Hal senada diungkapkan Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Unair, Dra Tjitjik Srie Tjahjandarie PhD. "Yang perlu diapresiasi adalah kenaikan peringkat dunia versi Webometrics yang signifikan daripada tahun lalu yakni dari 988 menjadi 929," ucapnya.

Ia menengarai, kenaikan peringkat Unair versi Webometric itu akibat penataan sistem informasi (SI) di lingkungan universitas. "Secara gradual, kita memang sudah menata SI," tuturnya.

Menurut dia, penataan SI di Unair dikembangkan melalui Universitas Airlangga Cyber Campus (UACC) di bawah naungan Direktorat Sistem Infomasi (DSI) Unair.

"Untuk Tahun 2013, Unair akan mengembangkan 'website' (laman) matahari. Web itu (web matahari) nantinya akan menjadi pusat data di Unair," ungkapnya.

Ia mengatakan laman berkonsep matahari yang ditargetkan akan selesai dalam semester satu tahun ini. "Diharapkan selesai semester ini, ya di bulan Juni 2013," katanya. Nantinya, data dosen dan kepakaran di Unair akan dijadikan arsip digital dan diintegrasikan melalui web tersebut.

"Dengan penataan SI itu, peringkat Webometrics Unair ke depan akan terus meningkat. Prediksinya akan naik terus melalui penataan SI yang baru itu, tentu dengan kerja keras dan semakin luasnya ruang lingkup UACC," tukasnya

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement