Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

10 Tanda Mata Anda Infeksi (3)

Kamis 07 Feb 2013 08:31 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Mansyur Faqih

Mata/ilustrasi

Mata/ilustrasi

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Infeksi mata bisa disebabkan banyak hal. Misalnya saja karena lensa kontak yang sudah kotor, menyentuh mata dengan jari tangan yang tak bersih, atau kondisi medis tertentu.

Dalam beberapa kasus, orang mungkin mengalami infeksi mata karena alergi atau pilek. Jika mengalami beberapa perubahan pada mata, maka ada baiknya mengetahui beberapa tanda mengenai infeksi mata. 

Berikut paparannya, dikutip dari SymptomFind, Kamis (7/2).

8. Kelopak mata mengelupas

Gejala ini juga dikenal sebagai kelopak mata pasir dan merupakan indikasi blepharitis, jenis infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri atau kondisi kulit tertentu. Dalam beberapa kasus, blepharitis disebabkan karena  kurang rajin membersihkan mata. Dalam kondisi lainnya, blepharitis juga bisa disebabkan alergi atau kelenjar mata berminyak. Sebuah krim obat, topikal, atau antibiotik dapat digunakan untuk mengobati jenis infeksi ini.

9. Saluran air mata tersumbat

Infeksi mata kronis dapat menyebabkan saluran air mata menjadi tersumbat atau diblokir. Jika saluran air mata terblokir, pada gilirannya dapat menyebabkan infeksi mata. Sebab, air mata anda tidak bisa membasuh bakteri di mata. 

Ini adalah salah satu tanda yang lebih serius dari infeksi mata dan mungkin memerlukan pembedahan jika kondisinya cukup parah. Dalam kondisi normal, infeksi ini dapat diobati dengan antibiotik.

10. Sebelah mata sakit

Meskipun ada banyak tanda yang mengindikasikan infeksi mata, namun ada satu tanda mudah yang bisa menunjukkannya. Yaitu jika rasa sakit atau kejanggalan dirasakan pada salah satu mata. Baik sebelah kiri atau kanan saja. 

Jika yang sakit adalah kedua mata, maka ini kemungkinan besar disebabkan oleh alergi. Namun, jika gejala ini hanya muncul pada salah satu mata, baru ini disebabkan oleh infeksi.

Gejala umum lainnya dari infeksi mata adalah rasa tidak nyaman di mata, penglihatan bermasalah, dan pembengkakan di sekitar mata. Sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala infeksi mata.

Sehingga tidak melakukan kesalahan dengan menggunakan obat-obatan untuk alergi mata. Karena pada prinsipnya infeksi berbeda dengan alergi. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA