Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

10 Tanda Mata Anda Infeksi (2)

Kamis 07 Feb 2013 08:15 WIB

Red: Mansyur Faqih

Mata

Mata

Foto: beaut.ie

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Infeksi mata bisa disebabkan banyak hal. Misalnya saja karena lensa kontak yang sudah kotor, menyentuh mata dengan jari tangan yang tak bersih, atau kondisi medis tertentu.

Dalam beberapa kasus, orang mungkin mengalami infeksi mata karena alergi atau pilek. Jika mengalami beberapa perubahan pada mata, maka ada baiknya mengetahui beberapa tanda mengenai infeksi mata. 

Berikut paparannya, dikutip dari SymptomFind, Kamis (7/2).

4. Mata gatal

Mata gatal adalah tanda umum dari alergi yang merupakan salah satu alasan mengapa begitu mudah mata terkena iritasi. Ketika mata infeksi, gatal disebabkan oleh kontak antara bakteri dan mata. 

Sangat penting untuk untuk menahan diri dari menggaruk mata. Sebab, ini malah dapat mentransfer bakteri lebih banyak ke mata.

Sebaiknya anda mencoba menggunakan antihistamin atau obat over the counter (OTC). Obat itu akan mengurangi rasa gatal sampai bisa mengunjungi dokter. 

Mata gatal juga merupakan tanda konjungtivitis, atau yang lebih dikenal sebagai mata merah muda.

5. Mata merah

Mata merah merupakan gejala yang sangat umum dari banyak masalah mata. Termasuk alergi, infeksi, kelelahan, bahkan flu. Mata merah yang disebabkan oleh iritasi pada pembuluh darah di permukaan mata. 

Gejala ini sangat umum dialami pemakai lensa kontak yang jarang membersihkannya. Ini merupakan salah satu sebab utama infeksi mata.

6. Mata berair

Mata berair adalah tanda lain dari infeksi mata yang cenderung keliru dikira alergi. Mata berair bisa disebabkan oleh saluran air mata tersumbat dan ini adalah gejala lain dari infeksi mata. 

Anda mungkin tergoda untuk menghapus air mata dari mata anda dengan jari. Tapi, sebaiknya menghapus dengan tisu agar tidak memperburuk infeksi. 

Antibiotik biasa juga menghentikan gejala ini pada orang dewasa dan anak-anak.

7. Sensitif cahaya

Ini termasuk kepekaan terhadap cahaya neon dan lampu pijar serta sinar matahari. Biasanya, gejala yang satu ini disebabkan oleh peradangan atau iritasi dari infeksi mata. 

Jika mata tiba-tiba menjadi sangat sensitif terhadap cahaya, anda mungkin ingin mencoba memakai lensa kontak palsu. Ini tujuannya untuk mengurangi jumlah cahaya yang menusuk mata Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA