Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

10 Tanda Mata Anda Infeksi (1)

Kamis 07 Feb 2013 07:55 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Mansyur Faqih

Mata. Ilustrasi.

Mata. Ilustrasi.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Infeksi mata bisa disebabkan banyak hal. Misalnya saja karena lensa kontak yang sudah kotor, menyentuh mata dengan jari tangan yang tak bersih, atau kondisi medis tertentu.

Dalam beberapa kasus, orang mungkin mengalami infeksi mata karena alergi atau pilek. Jika mengalami beberapa perubahan pada mata, maka ada baiknya mengetahui beberapa tanda mengenai infeksi mata. 

Berikut paparannya, dikutip dari SymptomFind, Kamis (7/2).

1. Kelopak mata bengkak

Kelopak mata bengkak dapat menjadi tanda bahwa mata bermasalah. Jika ini terjadi, hampir dipastikan mata mengalami infeksi jika rasanya sakit. Kelopak mata bengkak dan sakit bisa jadi disebabkan infeksi bakteri atau infeksi jamur yang berasal dari lensa kontak. 

Jika kelopak mata anda bengkak dan sakit, hindari menggosok atau menyentuh mata anda dengan tangan. Sebab, itu sama saja anda mentransfer bakteri ke mata yang pada akhirnya membuat infeksi mata anda semakin buruk.

2. Mata berkerak

Kerak mata atau tahi mata adalah satu hal biasa yang didapati begitu terbangun dari tidur pada pagi hari. Namun, jika kerak mata itu debitnya sangat banyak di sudut mata, maka ini menjadi gejala serius infeksi mata.

Kerak mata biasanya kuning dan lengket. Namun, jika banyak dan berkerak, ini membuat mata sulit membuka. Jika anda terbangun dengan kerak mata banyak, maka gunakan waslap hangat. Ini berguna untuk mencairkan kerak mata dan memungkinkan mata bisa membuka seperti biasa. 

3. Penglihatan Kabur

Penglihatan kabur tidak hanya mengganggu, itu juga bisa menjadi tanda serius infeksi mata. Jika tidak diobati, infeksi mata dapat menyebabkan anda kehilangan penglihatan. Sehingga, akan semakin sulit melihat. Jika mendapati kondisi seperti ini, maka harus segera mencari bantuan medis. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA