Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Perubahan Anak Gadis Selama Masa Puber (3-Habis)

Rabu 06 Feb 2013 10:01 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah

Anak remaja perempuan

Anak remaja perempuan

Foto: corbis

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Anak gadis biasanya mengalami banyak perubahan fisik dan emosional selama memasuki masa puber. Puber pada anak perempuan biasanya terjadi antara usia 10 hingga 14 tahun.

Berikut adalah penjelasan mengenai apa saja yang berubah pada diri seorang remaja perempuan ketika mereka melewati masa puber, dikutip dari SymptomFind, Rabu (6/2).

4. Perubahan emosional

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi puber pada anak gadis adalah seringkali timbul reaksi emosional pada diri sang anak. Ini disebabkan oleh peningkatan hormon dan cara tubuh untuk menyesuaikan perubahan tersebut. Anak gadis biasanya menjadi lebih sensitif. Mereka mungkin lebih mudah kesal atau marah daripada dulu.

Banyak anak gadis kemudian menjadi lebih cemas atau kritis terhadap cara yang mereka terlihat selama masa puber. Mereka mulai peduli pandangan teman-temannya terhadap mereka. Anak gadis biasanya akan mengejar ketertinggalan mereka dari teman-temannya.

Anak gadis yang sudah melewati masa puber setelah 17 tahun, maka disarankan mulai rajin menemui dokter. Ini bertujuan untuk menyingkirkan segala kemungkinan komplikasi atau masalah kesehatan yang mungkin rentan menyerang mereka.

Anak gadis yang tengah puber biasanya bertindak lebih impulsif. Mereka akan mengatakan apa yang mereka rasakan tanpa memikirkannya terlabih dahulu. Anak gadis juga mengalami peningkatan gairah seksual dimana mereka mulai merasakan ketertarikan akan lawan jenis.

Banyak gadis merasa bingung tentang perubahan dalam tubuh mereka dan emosi mereka yang terjadi selama masa puber. Ini menjadi sangat penting bagi orangtua untuk membantu anak gadis mereka merasa nyaman membicarakan tentang perasaan mereka.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA