Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Perubahan Anak Gadis Selama Masa Puber (1)

Rabu 06 Feb 2013 09:14 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah

puber / ilustasi

puber / ilustasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Anak gadis biasanya mengalami banyak perubahan fisik dan emosional selama memasuki masa puber. Puber pada anak perempuan biasanya terjadi antara usia 10 hingga 14 tahun.

Berikut adalah penjelasan mengenai apa saja yang berubah pada diri seorang remaja perempuan ketika mereka melewati masa puber, dikutip dari SymptomFind, Rabu (6/2).

1. Perubahan penampilan

Anak gadis biasanya mengalami sedikit sekali perubahan fisik selama bertahun-tahun mereka puber. Perubahan ini biasanya hanya mempengaruhi berbagai bagian tubuh yang terkait pada lima hal.

Pertama, payudara. Biasanya, payudara seorang anak gadis akan tumbuh dan menjadi lebih lengkap dalam bentuknya. Salah satu bagian payudara, sebelah kanan atau kiri, biasanya tumbuh lebih cepat dari bagian lainnya. Pada masa ini, anak gadis biasanya mulai mengenakan bra.

Kedua, pinggul.  Pinggul anak gadis yang tengah masa puber perlahan semakin luas dan membulat. Beberapa gadis juga akan mengalami penambahan berat badan akibat volume pinggulnya bertambah.

Ketiga, kulit. Banyak anak gadis memiliki lebih banyak jerawat di wajah mereka. Jerawat bisa juga tumbuh di dada bagian atas, dan atau punggung.

Ada banyak produk yang tersedia untuk membantu mengobati jerawat. Kebanyakan anak gadis menemukan kenyataan bahwa jerawat mereka menghilang ketika sebagian besar mereka telah melewati masa pubertas akhir.

Keempat, tinggi badan. Anak gadis yang sedang masa puber biasanya akan tumbuh dengan cepat selama tahap ini sampai dia mencapai ketinggian penuh.

Kelima, berat badan. Biasanya, anak gadis yang sedang masa puber juga mengalami penambahan berat badan. Namun, berat badan berlebihan selama periode ini terbilang tidak sehat.

Anak gadis yang sedang puber biasanya menemukan kenyataan bahwa payudara mereka akan sering nyeri atau sakit. Namun, ini sifatnya hanya sementara dan akan mereda setelah proses tumbuh mereka selesai.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA