Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

Waspadai Lingkaran di Bawah Mata

Senin 04 Feb 2013 17:12 WIB

Red: Endah Hapsari

Mata. Ilustrasi.

Mata. Ilustrasi.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda memiliki lingkaran gelap di bawah mata? Jika iya, Anda patut waspada. Pasalnya berdasarkan penelitian terbaru, lingkaran gelap di bawah mata tak hanya terjadi akibat kurang tidur, tapi juga berkaitan dengan dehidrasi, kesehatan organ hati, dan anemia.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Satish Mehta, seorang Ophthalmologist dari Moolchand Eye Clinic mengatakan bahwa lingkaran gelap di bawah mata perlu mendapatkan perhatian khusus, mengingat hal tersebut bisa menjadi tanda gangguan kesehatan.

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab terjadinya lingkaran gelap di bawah mata, seperti:

Proses Penuaan

Secara ilmiah setiap manusia akan mengalami proses penuaan. Salah satu ciri proses penuaan tersebut adalah munculnya lingkaran gelap di bawah mata. Lingkaran gelap tersebut muncul akibat menurunnya elastisitas kulit. Lapisan kulit pun menjadi lebih tipis sehingga pembuluh darah terlihat lebih jelas. Itulah yang menyebabkan lingkaran gelap di bawah mata semakin kentara seiring usia bertambah.

Faktor Genetik

Jika secara genetis orang tua Anda memiliki lingkaran gelap di bawah mata, bisa jadi akan diturunkan kepada Anda. Bahkan di usia muda, lingkaran gelap tersebut bisa sangat kentara.

Kurang nutrisi

Selain faktor genetis, kurangnya asupan gizi penting seperti vitamin A, C, K dan E di dalam tubuh juga bisa menjadi pemicu munculnya lingkaran gelap di bawah mata.

Kebiasaan Merokok

Asap rokok mengandung radikal bebas yang dapat melemahkan kolagen, terutama di bagian bawah mata. Kolagen merupakan bahan pembangun utama pada dermis, salah satu lapisan terendah pada kulit. Protein ini penting agar kulit senantiasa kencang dan lentur.

Paparan Sinar UV

Terlalu sering terpapar sinar UV dapat membuat tubuh memproduksi terlalu banyak melanin. Melanin adalah penentu utama warna kulit yang juga terdapat pada rambut. Jika produksi melanin meningkat besar kemungkinan lingkaran gelap di bawah mata akan semakin jelas.

sumber : duniafitnes.com
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA