Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Pandangan Mata Kok Tiba-Tiba Kabur Ya?

Kamis 31 Jan 2013 14:22 WIB

Red: Endah Hapsari

Pandangan Mata Kok Tiba-Tiba Kabur Ya?

REPUBLIKA.CO.ID, Assalamualaikum dokter, saya Rifadh (30 tahun) mempunyai masalah pada proses penglihatan mata. Sebelumnya saya tidak pernah memakai kacamata resep. Pada suatu pagi saat bangun tidur, tiba-tiba pandangan mata saya kabur dan saya coba masing-masing mata untuk melihat semua normal, tapi pada saat kêduanya melihat, objek yang saya lihat menjadi dua bagian yang berdekatan.

Apa gejala kelainan tiba-tiba pada proses mata saya? Dan bagaimana cara mengembalikan serta obat yang mesti saya konsumsi agar semua menjadi normal kembali. Terima kasih.

Rifadh

Pekanbaru, Riau

Jawaban :

Wa'alaikumussallam Wr Wb

Untuk Ibu Rifadh kondisi terkait dengan indra penglihatan mata tentu harus didiagnosis sesuai dengan kendala yang dihadapi. Nah dalam kasus Ibu, maka turunnya penglihatan pada mata dapat bersifat mendadak/ tiba-tiba ataupun perlahan- lahan yang bersifat mendadak biasanya disebabkan oleh kelainan pada saraf mata/ retina mata.

Berbagai kemungkinan yang dapat terjadi, diantaranya karena beberapa faktor pencetus seperti misalnya terjadi perdarahan, ablasio retina, maupun penumpukan cairan (edema macula).

Cara yang terbaik untuk mengetahui kelainan pada mata yang terjadi adalah dengan melakukan konsultasi ke Dokter Spesialis Mata. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan mendetail pada mata dimulai dari pemeriksaan kelainan refraksi / kacamata sampai dengan retina.

Lindungi selalu organ penglihatan kita, karena menjadi jendela dunia. Konsumsi makanan yang mendukung kesehatan mata, sampai kepada melakukan aktifitas yang tidak membuat mata lelah adalah hal bijaksana yang sederhana dan dapat dilakukan sehari-hari.

Demikian bu yang dapat diterangkan, semoga segera kembali pulih ya, salam sehat. (Nw)

dr. Nurwany, SpM

Spesialis Mata di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA