Kamis 31 Jan 2013 13:53 WIB

10 Dampak Buruk dari Kurang Tidur (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Jangan kurang tidur
Foto: blogspot.com
Jangan kurang tidur

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Bagi sebagian orang, mendapatkan tidur malam yang berkualitas bukanlah hal yang mudah.

Jika anda termasuk dari bagian yang sulit tidur tersebut, anda harus mewaspadainya. Pasalnya kurangnya tidur di malam hari dapat memberi dampak buruk.

Berikut 10 dampak dari kurang tidur seperti dikutip dari SymptomFind, Kamis (31/1).

1. Berat Badan naik

Jika anda seringkali tidur kurang dari tujuh jam, anda mungkin akan mendapati lingkar pinggang anda bertambah lebar. Itu karena tubuh anda sulit memproses produksi protein leptin. Protein jenis ini yang mengatur metabolisme tubuh dan meningkatkan nafsu makan ketika anda tetap terjaga.

Ketika metabolisme tubuh melambat dan porsi makan meningkat, itu sangat mudah menaikkan berat badan anda. Kurangnya tidur juga membuat tubuh anda sulit memproduksi gula. Ini pada akhirnya meningkatkan kadar gula darah anda. Akhirnya, ini akan berujung pada pengembangan penyakit diabetes tipe 2.

2. Stres meningkat

Jika Anda merasa stres tentang sesuatu, kemungkinan besar, itu karena anda terus terjaga dimalam hari. Kurang tidur terbukti meningkatkan kadar stres, yang pada akhirnya berujung pada terpengaruhnya kehidupan sehari-hari anda. Kurang tidur menyebabkan tingkat hormon stres dalam tubuh meningkat.

3. Tekanan darah tinggi

Stres menyebabkan hormon penyakit semakin banyak diproduksi tubuh. Kurang tidur menyebabkan risiko buruk terhadap tubuh anda. Misalnya, anda akan dengan mudah terserang penyakit darah tinggi atau hipertensi. Bahkan, beberapa studi menunjukkan kurang tidur bisa memengaruhi tekanan darah anda hanya dalam waktu 24 jam.

Dalam jangka panjang, hal ini tentu saja menyebabkan penyakit jantung. Jadi, jika anda kurang tidur dari enam jam per malam, maka tekanan darah anda akan terus meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement