Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Sudah 10 Bulan Menikah, Kok Belum Hamil Juga?

Kamis 31 Jan 2013 12:09 WIB

Red: Endah Hapsari

Sudah 10 Bulan Menikah, Kok Belum Hamil Juga?

REPUBLIKA.CO.ID, Selamat siang Dok,

Maaf Dok, saya Nia (23 tahun) dan sudah 10 bulan menikah. Kenapa ya Dok saya belum hamil padahal sebelumnya sudah periksa dan semuanya baik-baik saja. Adakah cara yang bisa dilakukan menurut saran dokter agar saya segera hamil. Mohon sarannya ya Dok...

Terima kasih

Nia Lastry

Jawaban :

Hai Ibu Nia, terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Kehamilan tentu adalah harapan dari setiap pasangan yang menikah. Dalam hal ini memang yang perlu dilakukan adalah komunikasi antara suami dan istri, untuk dapat memiliki rasa tanggung jawab bersama.

Kondisi tersebut dikarenakan masalah kehamilan dan kesuburan saling terkait, untuk itu kesuburan pria serta wanita harus dilihat terlebih dahulu dalam upaya kehamilan nantinya.

Dalam hal ini, infertilitas didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil walaupun dihadapkan pada kondisi yang memungkinkan terjadinya kehamilan dalam kurun waktu selama 1 tahun dengan catatan bersenggama tanpa kontrasepsi frekuensi 2-3 kali per minggu.

Pada umumnya, 90 persen wanita akan hamil dalam 1 tahun, sedangkan 10 persen akan hamil setelahnya. Nah periksa apakah pola dan frekuensi seksualnya sudah sesuai? Kemudian lakukan gubungan seksual pada masa subur dan lainnya.

Berkaitan dengan pemeriksaan kesuburan, maka secara garis besar terbagi 3 bagian yaitu:

Kesuburan Pria: pemeriksaan *Sperma analise dan *Hormon pada pria

Anatomi Wanita: pemeriksaan *HSG / sono HSG *Laparascopi *USG Transvaginal

Hormonal/Ovulasi: Folikel Track USG Transvaginal *Hormon kesuburan & prolactin

Bila keseluruhan pemeriksaan dalam batas normal dan ibu telah melakukan senggama secara teratur selama 1 tahun tetapi belum juga hamil, maka ibu digolongkan ke dalam unexplained infertility. Dalam hal ini ibu sebaiknya konsultasi ke Dokter Spesialis Kandungan khusus Infertility. Demikian yang dapat disampaikan, terima kasih.(SC)

dr. S. Chandra, SpOG

Spesialis Kebidanan & Kandungan RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA