Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Perkawinan BMW-Toyota Siap Lahirkan Mobil Sport

Ahad 27 Jan 2013 18:17 WIB

Red: Citra Listya Rini

BMW 640i Gran Coupe.

BMW 640i Gran Coupe.

Foto: ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, BMW dan Toyota telah menandatangani kesepakatan bersama untuk mengembangkan mobil sport terbaru. Perkawinan itu merupakan bagian dari nota kesepahaman antara BMW dan Toyota pada Juni 2012, termasuk pengembangan fuel cell, penelitian teknologi bahan material ringan, dan teknologi baterai lithium-udara.

Kedua perusahaan itu sepakat mengungkapkan platform konsep bersama untuk model sport menengah pada akhir 2013 seperti dikutip Auto Car pada Ahad (27/1).

Dua perusahaan itu belum mengungkapkan rencana untuk memproduksi model terbaru. Namun, Toyota berniat meluncurkan model Celica generasi terbaru sebagai kakak GT86.

Mobil sport itu akan menggunakan teknologi pengembangan bahan material ringan seperti bahan komposit. Teknologi itu juga akan digunakan BMW dan model Toyota lainnya.

Proyek pengembangan fuel cell termasuk salah satu program jangka panjang dengan target akhir pada 2020. Kedua perusahaan itu akan mengembangkan fuel cell, sistem hybrid, tangki hidrogen, motor listrik dan baterai. Toyota dan BMW juga sedang mengkaji infrastruktur hidrogen dan standar pengaturan industri.

Kedua perusahaan itu juga berencana mengembangkan teknologi baterai lithium udara yang memiliki kepadatan energi lebih besar dari baterai ion lithium yang ada sekarang. Manfaatnya, sel-sel fuel cell terbaru akan lebih kecil dan mampu menyimpan energi lebih banyak.

BMW dan Toyota juga memiliki sejumlah perjanjian lainnya seperti BMW memasok mesin diesel untuk Toyota di Eropa dan program jangka panjang lainnya yaitu pengembangan teknologi dan model ramah lingkungan.


sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA