Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Asik, Menteri Asal Parpol Cuti Sehari Buat Kampanye

Rabu 23 Jan 2013 14:50 WIB

Rep: Esthi Maharani/ Red: A.Syalaby Ichsan

Pengundian nomor urut parpol

Pengundian nomor urut parpol

Foto: Antara/Prasetyo Utomo

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri yang berasal dari partai politik mendapatkan cuti satu hari dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mereka diberikan kesempatan untuk berkampanye sampai pesta demokrasi di 2014 dimulai. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, nantinya pengaturan cuti para menteri yang berasal dari partai politik itu diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres).

Dia sudah melaporkan dan menyarankan hal tersebut kepada Presiden, Selasa (22/1) malam. “Beliau (Presiden SBY) menyatakan; oke saya sepakat tiga hari; Jumat, Sabtu, Minggu. Sabtu-Minggu kan libur, jadi ditambahlah satu harilah,” katanya.

Menurutnya, pemberian cuti agar demokrasi tetap subur tetapi kinerja menteri juga tetap berjalan. Apalagi, Presiden SBY sudah sering mengingatkan agar para menteri tetap fokus dalam pembangunan di dua tahun mendatang.

“Jadi satu hari kerja dalam satu minggu. Hari Jumat itu untuk kampanye menteri. Nanti boleh satu hari kerja,” katanya.

Delapan belas dari 34 menteri yang ada dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 berasal dari partai politik. Sedangkan, 16 menteri lain berlatar belakang non partai. Lima menteri berasal dari Partai Demokrat, PAN, Partai Golkar. Sementara PKS menempatkan tiga menteri. PKB dan PPP masing-masing menempati dua pos menteri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA