Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Agar Hubungan Suami Istri Lebih Sehat, Ini Langkahnya

Kamis 17 Jan 2013 13:04 WIB

Red: Endah Hapsari

Pasangarn suami istri (ilustrasi).

Pasangarn suami istri (ilustrasi).

Foto: Wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, Kehidupan seks yang sehat tak datang begitu saja. Tapi, sesuatu yang harus diupayakan dokter ahli andrologi Anita Gunawan memberikan tips berikut.

Olahraga
Pasangan yang sudah berumur harus selalu memerhatikan kebugaran tubuh agar kesehatan kehidupan seksual mereka terjaga. Karena itu, jangan lupa olahraga. Dengan bertambahnya umur, sel-sel tubuh semakin lambat untuk beregenerasi, asupan O2 semakin kecil. Bantuan olahraga akan membuat sirkulasi oksigen menjadi lebih baik.

Variasi
Variasi seks dibutuhkan supaya tidak suntuk atau bosan. Pada umumnya pria lebih cenderung menyukai pengalaman dan tantangan baru dalam berhubungan intim. Oleh karena itu dia akan sering meminta kepada istrinya untuk berganti-ganti posisi. Tapi, kemudian muncul masalah pada para istri yang merasa aneh dengan perlakuan suami yang 'ingin ini, ingin itu'. Dengan komunikasi yang baik masalah ini bisa diatasi.
Selain untuk mengusir kebosanan ternyata pengaturan posisi berhubungan intim juga bisa membantu salah satu pasangan yang sedang bermasalah dengan kesehatan. Seperti misalnya suami yang sakit punggung bisa meminta istrinya pada posisi yang membuat kondisinya lebih nyaman.

Kobarkan kembali api asmara
Gairah ketika pertama kali hidup berdua dan terikat tali pernikahan perlu untuk dikobarkan kembali meski sudah mempunyai anak. Kemesraan kehidupan berumahtangga sebaiknya tidak pernah hilang. Tunjukkan kemesraan seperti bergandengan tangan atau merangkul di depan anak-anak agar mereka merasakan keharmonisan keluarga.

Ciptakan bulan madu kedua, ketiga, dan seterusnya
Untuk melakukan ini tidak perlu pergi ke luar negeri. Bulan madu bisa saja dilakukan di dalam rumah karena yang terpenting dari momen ini adalah suasana.

Kuantitas
Dalam berhubungan badan perlu diingat bahwa tidak ada standar mengenai kuantitasnya. Pengantin baru yang melakukannya sehari dua sampai tiga kali itu termasuk normal. Namun, untuk mendapatkan anak sebaiknya berhubungan badan dua sampai tiga kali dalam seminggu. Sebab, kantong sperma baru terisi penuh setelah dua atau tiga hari. Saat sudah penuh, kantong ini akan mendesak salah satu saraf yang juga nantinya bisa membangkitkan rangsangan seksual.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA