Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Ketahui Gejala Rem 'Aus'

Rabu 16 Jan 2013 10:54 WIB

Red: Redaksi SPORTKU

Ketahui Gejala Rem 'Aus'

Ketahui Gejala Rem 'Aus'

SPORTKU.COM - Rem pada kendaraan bermotor merupakan hal vital untuk menjaga keselamatan pengguna kendaraan bermotor. Bila rem tidak bekerja dengan maksimal, resiko kecelakaan meningkat di saat mengendarai motor tersebut. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui bahwa kampas rem sudah habis dan tidak bekerja dengan maksimal?

Gejala-gejala awal sperti di saat mengerem terdapat bunyi-bunyi mendecit selama tuas rem ditekan ataupun diinjak, hal ini dipastikan bahwa kampas rem sudah mulai menipis dan harus diganti dengan yang baru. Namun, bunyi tersebut juga menunjukkan bahwa kampas rem sudah mengeras akibat umur pemakaian.

Kaliper rem belakangtips n trik, tips motor, perawatan kampas rem, pengereman motor, gejala kampas rem

Selain itu, rem yang sudah aus juga bisa dirasakan ketika menarik handel rem yang semakin dalam saat ditekan. Karena kampas menipis maka piston menyisakan ruang yang lebih besar dari keadaan normal sehingga saat ditekan harus lebih dalam.

Cara lain juga dengan memeriksa kondisi minyak rem dalam lubang yang terdapat pada master rem. Jika ketinggian minyak rem di bawah standar, berarti minyak rem mengalami kebocoran atau pun minyak rem mengalir keluar dikarenakan kampas rem yang sudah menipis.

Master Remtips n trik, tips motor, perawatan kampas rem, pengereman motor, gejala kampas rem

Jika kampas rem sudah menipis hingga habis, selain berbahaya juga dapat merusak cakram rem yang pasti biayanya jauh lebih besar daripada mengganti kampas rem saja.

Jika sudah mendapatkan kendala seperti ini, ada baiknya mengganti kampas rem dan juga menambah minyak rem. Tak lain untuk menjaga keselamatan diri dan sesama di jalan raya.

Cakram dan kaliper Rem depantips n trik, tips motor, perawatan kampas rem, pengereman motor, gejala kampas rem

sumber : motor.sportku.com
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA