Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Ketahui Kode-Kode Pada Ban

Kamis 10 Jan 2013 16:27 WIB

Red: Redaksi SPORTKU

Ketahui Kode-Kode Pada Ban

Ketahui Kode-Kode Pada Ban

SPORTKU.COM - Sering kali kita memodifikasi tunggangan sesuai dengan selera. Mulai dari mesin untuk performa, hingga aksesoris penunjang penampilan. Tak jarang ada pula yang mencangkok part dari motor besar untuk diaplikasikan ke tunggangannya. Terkadang hal yang tidak mungkin bisa terjadi dalam dunia modifikasi motor.

Salah satu yang harus diperhitungkan adalah ban. Tak hanya melihat alur dari ban tersebut, ternyata pemilihan ban yang sesuai dan tepat dapat mendukung faktor keselamatan, pengendalian, akselerasi, pengereman, keamanan dan juga tampilan pada motor. Namun, dalam pemilihannya ada beberapa kode penting yang harus kita mengerti.

 

Ukuran Ban 150/60 R17 M / C 66Htips n trik, tips ban, kode ban, ukuran ban, compound ban, tahun pembuatan ban

Ukuran Ban

Kode ukuran ban yang beredar di pasaran dibedakan menjadi dua jenis. Kode ban imperial dan yang kedua kode ban metric. Sebagai contoh kode ukuran 120/70-17 67H ini merupakan kode dengan sistem metric dan kode ban 4.60-H-18 4PR ini menggunakan sistem imperial.

Cara membaca kode ban misal berukuran 120/70-17 67H:

120 menunjukkan kode untuk lebar ban dalam satuan milimeter

70 menunjukkan kode perbandingan tinggi ban terhadap lebar ban. 70% x 120mm = 85,2 mm, semakin kecil aspect ratio maka sebuah ban akan memiliki stabilitas serta handling kendaraan lebih baik
17 menunjukkan diameter velg dalam satuan inchi
67 menunjukkan kode untuk beban maximum yang dapat ditanggung. Dari data load index / LI untuk kode 67 berarti beban maksimum yang dapat ditanggung oleh sebuah ban sebesar 307 kg.
H menunjukkan batas kecepatan pemakaian

Untuk kode ban imperial ini bedanya hanya menggunakan satuan ukur inchi. Sehingga untuk membaca kode ban 4.60-H-18 4PR sebagai berikut:

4.60 menyatakan kode lebar ban dalam satuan inchi
H menunjukkan ambang batas kecepatan pemakaian
18 menunjukkan kode untuk diameter velg juga dalam satuan inchi
4 PR menunjukkan kode untuk kekuatan ban yang berdasarkan pada kekuatan serat kain ban atau ply rating. Sehingga 4PR berarti penggunaan lapisan kain yang terbuat dari bahan nilon di dalam sebuah carcass yang juga berindikasi kekuatan ban setara dengan 4 lapisan kain ban.

Batas Kecepatan

Tak bisa asal geber motor, ban juga memiliki batas kecepatan. Hal ini penting diperhatikan saat mengganti ban, khususnya dalam hal modifikasi. Semakin tangguh performa mesin tentu akan memerlukan ban dengan performa tinggi saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Berikut kode dan batas kecepatan penggunaan sebuah roda:

Kode Kecepatan maksimal

 Q  160 km/h
 S  180 km/h
 T  190 km/h
 U  200 km/h
 H  210 km/h
 V  240 km/h
 W  270 km/h
 Y  300 km/h
 X  340 km/h

Tahun Penbuatan

Layaknya makanan yang diberikan label kadaluarsa, ban juga memiliki hal yang sama. Hal ini digunakan untuk memberi tahu tahun pembuatan, karena ban akan kadaluwarsa dalam kurun waktu 3 tahun setelah ban di produksi.

Sebagai contoh, Pada ban tertulis BPY2010 disamping ban dekat dengan velg, maka dapat dapat diartikan ban tersebut diproduksi minggu ke-20 tahun 2010.

Coumpound

Kode Compound sebuah ban ditulis dengan kode huruf. Dengan tujuan menunjukkan ban itu menggunakan Compound yang lunak atau keras. Kode S = soft atau penggunaan compound lunak, M = medium atau compound sedang dan H = hard berarti compound ban keras.

Pemilihan jenis compound ban tergantung dari kebutuhan. Jika dipergunakan untuk balap, penggunaan ban jenis compound soft lebih dianjurkan. Dengan menggunakan ban jenis lebih empuk akan terasa grip roda lebih mencengkram pada aspal. Namun, Compound soft memiliki kekurangan, ban akan lebih cepat habis.

Sedangkan jenis medium dan hard biasanya dipakai untuk kendaraan yang dipergunakan sehari-hari. Contoh pada ban motor merek Batllax kode BT 90 F Radial 150/70 ZR17 M/C, maka kode M/C menunjukkan bahwa ban dibuat dengan compound medium.

Ban belakang Battlax 092 ukuran 160/60 R17tips n trik, tips ban, kode ban, ukuran ban, compound ban, tahun pembuatan ban

sumber : motor.sportku.com
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA