Selasa 08 Jan 2013 19:35 WIB

EVDO Pilihan yang Tepat di 2013

Tablet gunakan evdo
Foto: ist
Tablet gunakan evdo

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- Indonesia hingga memasuki tahun 2013 ini, menunjukkan perkembangannya dalam akses internet.

Semenjak internet masuk ke negara ini dan menunjukkan banyak kegunaannya, maka pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan secara signifikan. Menurut data statistik Desember  2011, jumlah pengguna internet di Indonesia kini mencapai sekitar 55 juta orang. Jumlah ini membawa indonesia ke peringkat 4 sebagai negara pengguna akses internet terbanyak di Asia.

Melihat fenomena ini, maka permasalahan selanjutnya adalah jaringan internet semakin sibuk. Ketika jaringan internet sibuk, maka akses internet pun semakin lambat.

Berdasarkan kondisi di atas, maka EVDO hadir di Indonesia. EVDO (Evolution Data Only/ Evolution Data Optimized) merupakan sebuah standar telekomunikasi untuk wireless broadband internet yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan tinggi melalui sinyal radio. Teknologi EVDO memadukan dua teknik, yakni CDMA (Code Division Multiple Access) dan TDMA (Time Division Multiple Access). Oleh sebab itu, EVDO merupakan evolusi dari standar telekomunikasi CDMA2000 dan dapat disebut sebagai 3G-nya jaringan CDMA

Keunggulannya, memiliki kecepatan akses data tinggi dan kapasitas yang besar. Memungkinkan akses data dapat dilakukan dengan cepat. Kecepatan download akses ke mobile device pada teknologi ini bisa mencapai 3,1 Mbps, sedangkan untuk upload kecepatannya hingga 1,8 Mbps. Oleh sebab itu, pengguna bisa menggunakan layanan multimedia seperti browsing, download lagu dan video, mobile TV, video sharing, teleconference, bahkan game online.

 

Cara kerja EVDO dapat digambarkan seperti operator ponsel yang mengandalkan signal dari menara wireless, dibandingkan dengan koneksi fisik seperti pada telepon kabel. Modem EVDO menerima sinyal yang memungkinkan pengguna untuk terkoneksi dengan jaringan internet.

Semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan internet serta aktivitas download dan upload, maka semakin lambat dalam mengakses data. Perlu solusi agar dapat mentransmisi data dengan kecepatan tinggi dan kapasitas besar. Oleh sebab itu, EVDO dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Penulis: Dela Visa Caniago -- Ilmu Komunikasi, Universitas Islam 45 Bekasi

sumber : Unisma
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement