Selasa 08 Jan 2013 22:40 WIB

Berbagai Alasan untuk Tersenyum (2)

Bahagia (ilustrasi)
Bahagia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Selain meningkatkan mood, tersenyum juga dapat mengurangi stres. Saat tersenyum, tubuh mengirim sinyal ke otak bahwa Anda sedang bahagia. Secara otomatis tubuh juga akan lebih rileks, bernafas lebih pelan, dan jantung tak berdegup terlalu kencang.

Saat stres berkurang, muncul efek domino yang berimbas langsung pada tubuh. Diantaranya, tekanan darah lebih stabil, sistem pencernaan berjalan baik, dan gula darah juga lebih terjaga.

Di dunia pekerjaan, tersenyum juga dapat membuka lebih banyak kesempatan.Saat sedang menjalani wawancara kerja, bukan hanya penampilan fisik dengan busana terbaik yang penting diperhatikan. Pembawaan diri yang positif, ditambah senyuman, juga tak kalah pentingnya.

Dalam studi yang diterbitkan di Personality and Social Psychology Bulletin pada 2009, sejumlah orang diminta melihat foto dari 123 orang yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Orang-orang dalam foto tersebut punya dua ekspresi, netral dan senyum.

Orang-orang yang melihat foto ini menilai, mereka yang tersenyum memiliki pribadi menyenangkan, percaya diri, bertanggung jawab, dan stabil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement