Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Keliling Dunia, Pesepeda Iran akan Lewati Indonesia

Jumat 04 Jan 2013 19:04 WIB

Red: Dyah Ratna Meta Novi

sepeda - ilustrasi

sepeda - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,ROMA--Pesepeda Iran, yang membawa pesan perlindungan lingkungan hidup, tiba di Roma, Kamis (3/1), setelah mengayuh sepedanya sejauh 9.000 kilometer di Eropa.

Setibanya di Roma, Yavar Samadi, menyampaikan pesan perdamaian, persahabatan dan perlindungan lingkungan hidup dari rakyat dan Pemerintah Iran dan Kotapraja Teheran kepada rakya dan pemerintah Italia. Peseda tersebut memulai perjalanannya 105 hari lalu dari Provinsi Ardabil, Iran barat-laut.

Italia adalah negara Eropa ke-14 yang telah dikunjungi Samadi. Ia  sudah melewati 13 negara melalui Republik Azerbaijan, Georgia, Rusia dan Estonia lalu menuju Swedia dari Finlandia, Denmark, Jerman, Belanda, Belgia, Swiss, Prancis, Spanyol dan tiba di Italia.

Dari Roma, Samadi akan pergi ke India, Bangldesh, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina dan mengakhiri perjalanannya di Jepang. Ia mengayuh sepeda rata-rata 160 sampai 180 kilometer per hari, dan bersepeda sendirian selama 45 hari. Ia memasang tenda untuk istirahat pada malam hari.

Samadi (46  tahun) dilahirkan di Ardabil. Ia adalah seorang pelatih karate selain menjadi pesepeda. Ia mendaftarkan rekor satu-tahapnya pada 2009 dengan bersepeda sejauh 6.000 kilometer dan melewati 18 provinsi di Iran.

Pada Sabtu (15/12), ia tiba di Madrid dan menyampaikan pesan perdamaian, persahabatan serta perlindungan lingkungan hidup dari Kotapraja Teheran dan rakyat serta pemerintah Iran kepada rakyat dan pemerintah Spanyol. Ia menyampaikan kesediaan Kotapraja Teheran untuk bekerjasama dengan Kotapraja Madrid dalam melindungi lingkungan hidup.

Ia bertemu dengan Direktur Jenderal Organisasi Lalu Lintas Kota Spanyol Francisco Javier Roybo dan Direktur Jenderal Perlindungan Lingkungan Hidup Ibu Kota Spanyol, Madrid, Martha Alunso Ancheolo.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA