Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

LeBron James Samai Michael Jordan

Kamis 03 Jan 2013 15:15 WIB

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Fernan Rahadi

LeBron James dan Michael Jordan

LeBron James dan Michael Jordan

Foto: rapgenius.com

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- Tahun 2012 agaknya pantas dilabeli tahun LeBron James. Forward Miami Heat ini kembali mendapat penghargaan atas prestasi gemilangnya di dunia basket internasional.

Setelah dinobatkan sebagai Atlet Terbaik 2012 versi Sport Ilustrated, LeBron kembali terpilih sebagai Pebasket Putra Terbaik Amerika Serikat 2012, Jumat (3/1) WIB.

Penghargaan kepada LeBron kali ini dianugerahkan atas kontribusinya membawa tim putra AS menyabet medali emas Olimpiade London 2012. Ia dinilai sebagai pemain terbaik di London dengan torehan rata-rata 13,3 poin dan 5,6 rebound per pertandingan. Ia juga mencatatkan assist terbanyak dengan rata-rata 5,6 assist tiap laga.

"James adalah figur sentral dari tim ini. Rekan-rekan menyebutnya sebagai pemimpin. Dia adalah pemain dan playmaker terbaik kami," kata pelatih tim basket AS Mike Krzyzewski seperti dilansir laman resmi NBA.

Gelar ini juga menyempurnakan prestasi LeBron di tahun 2012 setelah sebelumnya sukses membawa Miami Heat menjuarai NBA. LeBron juga terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) di NBA dan NBA Finals.

Capaian ini membawa LeBron menyamai rekor legenda basket AS, Michael Jordan yang berhasil menyabet titel NBA dan medali emas Olimpiade pada tahun 1992. LeBron pun tak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas penghargaan dan rekor yang dicetaknya. Ia mengatakan, prestasi ini adalah buah dari kecintaannya pada negara.

"Adalah sebuah kehormatan untuk mewakili negara. Saya tak pernah melakukannya demi sebuah pengakuan atau penghargaan. Saya melakukannya karena saya mencintai negara saya dan basket," aku pemain yang berulang tahun ke 28 pada 30 Desember lalu itu.

Keikutsertaan di London juga membuat James menjadi satu dari tiga pemain yang pernah membela AS di tiga Olimpiade. Sebelumnya, LeBron meraih medali perunggu di Olimpiade Athena 2004 dan medali emas di Olimpiade Beijing 2008.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA