Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Kaleidoskop Hiburan, Mei: Lady Gaga Batal Konser di Indonesia

Senin 31 Dec 2012 19:06 WIB

Red: Hazliansyah

Sejumlah pengunjukrasa dari Forum Umat Islam (FUI) dan Front Pembela Islam (FPI) melakukan aksi menolak konser Lady Gaga di depan kantor MenkoPolhukam, Jakarta, Jumat (25/5). (Prayogi/Republika)

Sejumlah pengunjukrasa dari Forum Umat Islam (FUI) dan Front Pembela Islam (FPI) melakukan aksi menolak konser Lady Gaga di depan kantor MenkoPolhukam, Jakarta, Jumat (25/5). (Prayogi/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, -- Film 

Memasuki bulan Mei di tahun 2012, para pecinta dan penikmat film di Indonesia mendapat kesempatan baru untuk merasakan sensasi lebih dalam menonton lewat layar IMAX.

Cinema 21 selaku eksibitor film terbesar di Indonesia menghadirkan teater IMAX di Gandaria City, Jakarta.

"Ini adalah bentuk komitmen kami untuk terus memberikan kepuasan menonton lebih pada masyarakat. Kenapa kita pilih Gandaria City karena secara konstruksi yang memungkinkan untuk dibangun IMAX memang di Gandaria City," ungkap Catherine Keng, Corporate Secretary Cinema 21.

Imax, kata Catherine, memiliki sejumlah keunggulan dari teater 2D dan 3D konvensional. Dengan penggunaan dua proyektor revolusioner, sesuai dengan taglinenya The World's Most Immersive Movie Experience, Imax akan memberikan pengalaman menonton dimana penonton seolah menjadi bagian dari film.

Lebih detail, Iwan Bhakti selaku Interaktive Media Marketing & Promotion Division Cinema 21 menjelaskan teater IMAX menggunakan dua proyektor. "Sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih terang, lebih jernih dibanding film format 3 dimensi konvensional. Presisi gambarnya pun exact," terang Iwan.

Untuk audio, teater IMAX menggunakan sistem laser-aligned audio system yang dapat meratakan suara dan menghadirkan suara digital dengan tiga dimensi."Penempatan Audio pun akan customize, ditempatkan presisi di tempat yang tinggi. Suara digital diselaraskan dengan laser sehingga semua kursi akan mendapatkan suara yang sama, suara yang maksimal," papar Iwan.

Dan terakhir, teater IMAX memiliki bentuk dan ukuran layar lebih besar dari teater konvensional yang dirancang secara geometri serta bangku penonton yang dibuat lebih curam.

"Jadi jarak layar dengan penonton itu begitu dekat sehingga view penonton mampu menangkap ke semua sisi layar," tandas Catherine.

The Avengers jadi film pertama yang diputar di teater itu.

Sementara di akhir bulan Mei, tepatnya di tanggal (30/5), gelaran Indonesian Movie Awards kembali digelar.

Acara ini kembali memberikan penghargaan pada insan perfilman Indonesia.

Aktor Donny Damara berhasil meraih penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik lewat film 'Lovely Man'. Ia menyingkirkan Deddy Mizwar dan Tio Pakusadewo, Oka Antara dan Tora Sudiro. Berikut para peraih penghargaan di Indonesian Movie Awards 2012. 

Daftar Pemenang Kategori Terbaik

    Pemeran Utama Pria Terbaik : Donny Damara - 'Lovely Man'
    Pemeran Utama Wanita Terbaik : Raihaanun - 'Lovely Man'
    Pemeran Pendukung Pria Terbaik : Hendro Djarot - 'Sang Penari'
    Pemeran Pendukung Wanita Terbaik : Dewi Irawan - 'Sang Penari'
    Pendatang Baru Pria Terbaik : Yosie Kristanto - 'Tendangan Dari Langit'.
    Pendatang Baru Wanita Terbaik : Prisia Nasution - 'Sang Penari'
    Pasangan Terbaik : Reza Rahadian & Adinia Wirasti - 'Jakarta Magrib'.
    Pemeran Anak-anak Terbaik : Yudi Miftahudin - 'Serdadu Kumbang'.


Daftar Pemenang Kategori Terfavorit

    Pemeran Utama Pria Favorit : Tio Pakusadewo - 'Dilema'.
    Pemeran Utama Wanita Favorit : Wulan Guritno - 'Dilema'.
    Pendatang Baru Pria Favorit : Baim Wong - 'Dilema'
    Pendatang Baru Wanita Favorit : Dinda Hauw - 'Surat Kecil Untuk Tuhan'.
    Soundtrack Favorit : Kotak - 'Tendangan Dari Langit'.
    Film Favorit : 'Garuda Di Dadaku 2'.

Musik

Untuk dunia musik, bulan Mei diwarnai dengan batalnya konser Avenged Sevenfold (A7X), Selasa (1/5). Pembatalan itu sangat mengecewakan para penggemar A7X di Jakarta, karena pembatalan terjadi hanya beberapa jam jelang konser dimulai.

Alasan pembatalan karena masalah keamanan yang dikhawatirkan mengganggu jalannya konser.  Saat itu di Jakarta memang tengah terjadi demo besar-besaran dalam rangka Hari Buruh.

Jika A7X harus membatalkan konser, tidak bagi salah satu musisi legendaris Brit Pop, Morrissey. Mantan vokalis The Smiths ini berhasil memukau penggemarnya dalam konser yang digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Kamis (10/5).

Dalam konsernya, Morrissey mensyaratkan beberapa hal. Sebagai seorang vegetarian dan pembenci rokok, Morrissey melarang penonton merokok dan promotor menjual makanan berbahan daging.

Bahkan promotor yang mendampingi penyanyi kelahiran Manchester 22 Mei 1959, mulai dari kedatangannya hingga meninggalkan Jakarta, diwajibkan menjadi vegetarian.

Namun semua itu terbayar lunas dengan penampilan apik Morrissey. Meski tak muda lagi, 'Opa' Morrissey tetap menyuguhkan kualitas vokal yang memukau. Ciri khas suaranya benar-benar terjaga di sepanjang konser.

Dalam konsernya, Morrissey membawakan lagu lama dan barunya, seperti Everyday is Like Sunday, I Know It's Over, First of the Gang to Die, Meat is Murder, I'm Thowing My Arms Around Paris dan masih banyak lagi.

Setelah beberapa lama menjadi polemik, kedatangan Lady Gaga ke Indonesia dibatalkan.

Keputusan membatalkan konser penyanyi eksentrik tersebut disampikan promotor yang mengundang Lady Gaga ke Indonesia, Big Daddy.

Kuasa hukum Bid Daddy, Minola Sebayang mengatakan, pembatalan yang dilakukan menajemen lantaran faktor masalah keamanan di Indonesia. Dia membantah pembatalan kedatangan penyanyi Poker Face tersebut akibat pihaknya belum memiliki izin.

"Big Daddy dengan berat hati ingin menyampaikan ke media bahwa konser Lady Gaga tidak dapat diselenggarakan. Pihak manajemen Lady Gaga mempertimbangkan keadaan di Indonesia," kata dia, Ahad (27/5).

Lady Gaga pun menyampaikan permintaan maafnya via twitter.

"Kami harus membatalkan konser di Indonesia. Saya minta maaf kepada fans & sama hancurnya dengan kalian jika tidak lebih. Kalian adalah segalanya bagiku," tulisnya, seperti diterjemahkan, dalam akun @ladygaga.

Blitz

Kekecewaan mendalam menghinggapi penyanyi dangdut Saipul Jamil. Pasalnya, foto autopsi istrinya, Virginia Anggraeni yang tewas dalam kecelakaan maut di tol Cipularang 3 September 2011 silam beredar luas di masyarakat.

Menanggapi hal ini, Saipul Jamil menyatakan kecewa. 

“Saya kecewa, saya juga sedih. Koq ditambahin lagi permasalahan saya,” ungkap Saipul Jamil, Sabtu (5/5) siang.

Tak hanya Ipul (sapaan akrab Saipul Jamil), ibu mertuanya turut sedih sekaligus kecewa lantaran masih ada pihak yang menggali kesedihannya terkait kepergian putrinya itu.

“Ibu mertua saya nangis, dia malah mau nuntut pihak rumah sakit, tapi saya bilang nggak usah.,” tutur Ipul.

“Saya minta doa-nya aja supaya almarhumah istri saya tenang disana dan orang yang nyebar fotonya diampuni dosanya oleh Allah SWT,” tutup mantan istri Dewi Persik ini.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA