Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Sejumlah Ruas Tol ini Mulai Disesaki Kendaraan

Sabtu 29 Dec 2012 14:35 WIB

Rep: Alicia Saqina/ Red: Citra Listya Rini

  Ribuan mobil terjebak kemacetan di lajur tol Jakarta-Cikampek, km 17, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (17/8) lalu.

Ribuan mobil terjebak kemacetan di lajur tol Jakarta-Cikampek, km 17, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (17/8) lalu.

Foto: Antara/Paramayuda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atmosfer suasana liburan semakin jelang akhir tahun, kencang terasa. Ruas-ruas protokol Ibu Kota sejak Sabtu (29/12) pagi, melengang. Suara yang dikeluarkan dari knalpot-knalpot kendaraan tak sebising biasanya.

Rupanya banyak sebagian masyarakat yang telah berlibur, meninggalkan Jakarta sejak Jumat (28/12) malam. Mereka yang sudah beranjak ini, sepertinya akan bermalam tahunbaruan di tempat yang masing-masing dituju.

Kendaraan-kendaraan masyarakat yang berlibur akhir tahun meninggalkan Jakarta, sangat terasa kepadatannya di ruas-ruas tol. Meramainya arus kendaraan yang terjadi semalam pun, juga terjadi di Tol Cikampek.

''Sampai siang tadi Tol Jakarta-Cikampek cukup padat,'' ujar Petugas Traffic Management Center Polda Metro Jaya, Briptu Imam Effendi di Jakarta, Sabtu (29/12).

Ia menjelaskan, cukup padatnya arus kendaraan di ruas Tol Jakarta-Cikampek, terjadi di Gerbang Tol Cikarang dan Cikampek. ''Antrean di (gerbang tol) Cikarang tadi satu sampai dua kilometer,'' tuturnya. 

Sedangkan, untuk Gerbang Tol Cikampek Sendiri, kata Imam, arus kendaraan tergolong padat. Kepadatan arus terutama berlangsung di Gerbang Tol Cikampek dan ruas selepas gerbang, yang mengarah ke Simpang Jomin dan Pantai Utara (Pantura).

Di ruas Tol Cikampek, ternyata kepadatan arus tidak hanya berlangsung di gerbang-gerbang tol saja. Berdasarkan pantauan, bahkan sejak di Kilometer (km) 14 arah dari Jakarta menuju Cikampek, volume kendaraan sudah padat. 

Di ruas arah ini, kecepatan kendaraan diprediksi hanya 30 km per jam saja. Kepadatan arus ini pun, berlaku pada arah sebaliknya, yaitu dari Cikampek menuju Jakarta.

Masih di ruas Tol Cikampek, sedikit kepadatan juga terjadi di kilometer dekat Bekasi Barat dan arah Cawang (Tol Dalam Kota).

Tidak hanya di ruas Tol Cikampek, kepadatan arus kendaraan juga terjadi di ruas Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Di ruas ini, kepadatan terjadi di Gerbang Tol (GT) Cibubur dan Gerbang Tol Ciawi. 

Untuk GT Cibubur diungkapkan, antrean kendaraan hingga dua kilometer. Sedangkan keadaan terparah terjadi di GT Ciawi. 

Imam menyebutkan, antrean kendaraan di gerbang tol ini contohnya, saat pukul 09.00 WIB, Sabtu (29/12) pagi, mencapai delapan hingga 10 kilometer. Saat pukul tersebut pun, kondisi cuaca cerah.

Selain itu, siang ini, ruas tol lainnya pun menggambarkan ramainya arus kendaraan. Seperti contoh ramainya kendaraan yang melaju di sepanjang ruas Tol Padalarang Cileunyi. 

Di ruas tol yang mengarah ke Kota Kembang, Jawa Barat ini, kondisinya cukup ramai meriah. ''Ramai-ramainya kendaraan juga terdapat di Gerbang Tol Pasteur,'' kata Imam. 

Diimbau agar pengguna kendaraan selalu waspada dan berhati-hati dalam berkendara. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA