Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Hati-hati, Bakteri Ini Tak Hilang Meski Sudah Cuci Piring

Rabu 26 Dec 2012 12:44 WIB

Red: Setyanadivita Livikacansera

Bakteri E Coli

Bakteri E Coli

Foto: asymptotia.com

REPUBLIKA.CO.ID, Mencuci piring sudah menjadi standar upaya menjaga kebersihan. Tapi, ternyata masih ada pula bakteri yang tidak akan hilang setelah piring dicuci.

Dikutip dari Medical Daily, Rabu (26/12), bakteri norovirus hanya akan berkurang sedikit jumlahnya setelah dicuci. Meski dicuci dengan mesin pencuci piring yang lebih ampuh membunuh kuman sekalipun, kuman yang satu ini juga tidak akan mati dan tetap berpotensi menimbulkan keracunan.

Dalam seminggu terakhir, di Amerika ternyata telah terjadi 167 kasus penyakit gastrointestinal akibat keracunan makanan. Hasil investigasi menunjukkan, penyakit ini berasal dari restoran Golden Corral, restoran prasmanan yang baru dibuka satu bulan sebelum wabah menyebar.

Para peneliti dari Ohio State University menemukan, kuman penyebab keracunan makanan yang bernama norovirus tidak dapat dibasmi hanya dengan mencuci piring atau wadah makanan. Virus ini ternyata memang lebih bandel ketimbang bakteri-bakteri atau kebanyakan kuman lainnya, seperti E. Coli dan Listeria.

Agar tidak tertular bakteri yang satu ini, badan kesehatan Amerika menyarankan penggunaan disinfektan sehabis mencuci piring. Selain itu, menjaga kebersihan dapur dan rajin mencuci tangan juga dapat membantu mencegah infeksi norovirus. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA