Kamis 20 Dec 2012 07:55 WIB

Anda Asam Lambung? Hindari Makanan Ini

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hafidz Muftisany
Lambung (ilustrasi)
Lambung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mulas perut hanya satu gejala anda mungkin memiliki penyakit asam lambung. Orang yang menderita asam lambung mungkin juga pernah merasakan dada seperti terbakar, ulu hati sakit, batuk kering, dan kesulitan menelan makanan.

Ada beberapa jenis makanan yang perlu anda hindari jika menerita penyakit asam lambung. Berikut dikutip dari SymptomFind, Kamis (20/12).

1. Makanan terlalu pedas hanya satu dari sekian banyak makanan yang perlu dihindari bagi mereka yang menderita asam lambung.

2. Makanan asam, seperti buah tomat, jeruk, dan bawang juga kurang baik jika banyak dikonsumsi penderita asam lambung.

3. Makanan lemak tinggi. Ini bisa mengendurkan otot. Penderita asam lambung harus mempunyai otot yang kuat untuk menjaga kadar asam di perut anda keluar normal dari kerongkongan anda. Makanan berlemak tinggi misalnya daging kerbau, makaroni dan keju, kentang goreng, keripik kentang, brownies, donat, dan chicken nugget perlu anda hindari.

4. Minuman beralkohol, soda, dan minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan coklat panas. Cobalah anda minum minuman lain, terutama air putih untuk menjaga kadar asam lambung anda tetap normal.

5. Daun mint bisa meringankan penderita asam lambung. Tak ada salahnya anda mengunyah sepotong kecil daun seledri yang biasanya ditambahkan pada sup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement