Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

UGM, Kampus Nomor Satu Indonesia

Kamis 20 Dec 2012 07:49 WIB

Red: Fernan Rahadi

UGM

UGM

Foto: ugm.ac.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- 19 Desember kemarin adalah hari jadi (dies natalis) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ke-63. Sebagai universitas terbesar di Indonesia, inilah beberapa fakta tentang UGM yang berhasil dihimpun ROL:

1. Merupakan kampus nomor satu di Indonesia berdasarkan penilaian Webometrics (www.webometrics.info) dengan menduduki peringkat 381 dunia, mengalahkan Universitas Indonesia yang menempati peringkat kedua di Indonesia (508 dunia) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menempati peringkat ketiga (569 dunia).

2. Merupakan universitas dengan Sistem Penjaminan Mutu terbaik di ASEAN bersama dengan Universitas Nasional Singapura (NUS) dan Universitas Chulalongkorn University (Thailand).

3. Resmi berdiri pada 19 Desember 1949, atau empat tahun setelah kemerdekaan RI. Diresmikan oleh Presiden Soekarno sebagai cara untuk menunjukkan kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia mampu bangkit meskipun sudah diserang Belanda pada 19 Desember 1948, atau tepat setahun sebelum peresmian UGM.

4. Didirikan oleh para cendekiawan yang sekaligus juga pejuang kemerdekaan seperti Prof. Ir. Wreksodhiningrat, Prof. Dr. Prijono, Prof. Ir. Harjono dan Prof. Dr. M. Sardjito.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA