Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Divonis Terkena Kista, Haruskah Operasi?

Rabu 19 Dec 2012 14:08 WIB

Red: Miftahul Falah

Divonis Terkena Kista, Haruskah Operasi?

Pertanyaan:

Dokter, saya gadis berusia 22 tahun. Saya mempunyai benjolan besar pada perut saya. Seminggu yang lalu saya menjalani tes USG dan divonis terkena kista yang berukuran 8-10cm. Dokter yang memeriksa saya menganjurkan agar saya segera dioperasi. Apakah itu satu-satunya jalan yang terbaik untuk saya, dok? Saya berharap dokter bisa memberi jawaban kepada saya. Tolong bantuannya dokter. Terima kasih.


Desi Rismawati, Cilacap - 22 tahun



Jawaban:

Hai, Mbak Risma di Cilacap, semoga dalam kondisi yang sehat selalu. Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka perlu diuraikan dengan definisi tentang kista itu sendiri. Kista merupakan kumpulan cairan yang dibungkus dinding tipis.

Dari uraian di atas, mungkin yang Mbak Desi maksud adalah kista yang di indung telur. Untuk hal ini, Kista di indung telur terbagi 2, yaitu:

- Kista Fungsional, misalnya kista folikel, kista korpus luteum, kista fungsional hampir tidak pernah dilakukan pengobatan, cukup diobservasi.

- Kista Organik, kista organik mungkin jinak (±95%) atau ganas (±5%). Kista organik jinak misalnya kista coklat, kista dermoid, kista denoma, dll.

Kista Organik pada umumnya tidak akan hilang selama observasi. Dan umumnya tidak akan hilang bila diameter kista telah mencapai lebih dari 7 cm, atau gambaran kista tersebut berupa gambaran kompleks.

Oleh karena itu, penanganannya adalah dengan operasi pengangkatan kista. Guna memutuskan apakah kista tersebut harus dioperasi atau tidak, maka dokter akan mempertimbangkan berbagai hal tersebut di atas, selain faktor lain, misalnya usia, jumlah anak, menopouse, dll.

Secara medis, kista organik tidak dapat dihilangkan dengan obat-obatan selain operasi (kecuali mungkin kista cokelat yang berukuran kecil (3cm). Untuk itu, diskusikan kembali dengan dokter Anda mengenai langkah terbaik dalam mengatasi problem ini. Demikian yang dapat disampaikan ya, mbak, salam sehat. (SC)


dr S Chadra, SpOG, DMAS
Spesialis Kebidanan & Kandungan RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA