Rabu 12 Dec 2012 08:51 WIB

Mau Tahu Mencegah Rambut Rontok? Ini Caranya (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dewi Mardiani
Rambut rontok.
Foto: sheknows
Rambut rontok.

REPUBLIKA.CO.ID, BERN -- Kebotakan, penipisan volume rambut, dan rambut rontok terjadi karena berbagai alasan. Yang jelas, ini memengaruhi rasa percaya diri seseorang.

Klinik pakar rambut profesional dunia, Swiss Luxury Clinic, memberikan 10 tips untuk mencegah rambut rontok. Berikut caranya, dikutip dari Premium Europe, Rabu (12/12).

1. Perawatan sederhana

Menjaga kesehatan rambut bukan berati memberikan perawatan yang berlebihan pada kepala. Secara alami, kulit kepala sebetulnya sudah mengatur sendiri kerjanya agar tetap seimbang. Jika keseimbangannya terganggu, maka kulit kepala akan bereaksi berlebihan. Misalnya, kepala dan rambut menjadi berminyak. Gunakan shampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala.

2. Perhatikan gaya rambut

Gaya rambut tertentu memiliki efek tertentu bagi mekanisme pertahanan rambut. Jika seseorang selalu mengikat rambutnya dengan gaya ekor kuda yang ketat, itu akan sangat merusak rambut dalam jangka panjang. Bagi wanita berjilbab, ada baiknya pada saat tak mengenakan jilbab untuk menggerai rambutnya. Atau, minimal mengikat rambutnya dengan ikatan longgar.

3. Makanan bergizi

Ada baiknya anda memperbanyak makanan yang mengandung omega asam lemak, vitamin C, biotin, protein, dan zat besi. Makanan ini baik untuk ditambahkan ke dalam menu diet harian anda. Makanan-makanan yang mengandung zat tersebut akan menguatkan dan menangguhkan rambut.

4. Cermati kondisi rambut

Kondisi rambut perlu terus dipantau. Khususnya penampilan fisiknya, misalnya rambut semakin tipis, semakin rapuh, atau rambut mulai rontok. Jika hal ini terjadi, maka segera konsultasikan kepada dokter sesegera mungkin.

5. Hindari stress

Menempatkan diri dalam posisi stress bisa berdampak buruk bagi rambut. Oleh karenanya, hindari stress yang memicu kerusakan rambut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement