Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Hobi Ngemil tapi Tetap Langsing, Syaratnya?

Selasa 11 Dec 2012 09:09 WIB

Red: Endah Hapsari

Pilih camilan sehat agar tetap langsing

Pilih camilan sehat agar tetap langsing

Foto: dailyglow.com

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda suka ngemil? Ternyata kebiasaan ngemil baik untuk diet Anda. Dengan membiasakan ngemil, rasa lapar tidak akan datang dengan mudah. Kebiasaan ini juga dapat mencegah Anda dari mengambil makanan dalam porsi besar. Berikut beberapa cara ‘ngemil’ yang lebih sehat :

 

Mengganti camilan dengan makanan yang lebih sehat

Ketika Anda lapar, segala jenis makanan akan terlihat menarik bagi Anda. Terutama makanan yang berkalori tinggi seperti olahan kue, keripik dan beberapa jenis snack lainnya. Agar Anda tetap sehat, gantilah camilan berkalori Anda dengan buah-buahan segar seperti, apel, jeruk dan lainnya. Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk diet Anda. Selain itu, buah-buahan  juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Jus buah agar Anda kenyang lebih lama

Terkadang Anda tidak bisa membedakan apakah Anda benar-benar merasa lapar atau hanya sekedar haus. Untuk mengetahuinya, sebelum Anda mengambil makanan dalam porsi besar, ambilah segelas jus buah seperti jus tomat atau orange jus. Jika Anda sudah merasa kenyang dengan jus buah, maka Anda tidak perlu makan dalam porsi besar dan berkalori tinggi.

Awali hari dengan gandum

Anda pasti tahu bahwa sarapan yang sehat adalah hal yang penting. Namun, sebagian dari Anda sering melewatkan waktu sarapan karena kesibukan Anda. Solusinya adalah, Anda harus mendapatkan sarapan yang bisa Anda bawa dalam perjalanan ke tempat Anda bekerja. Contohnya adalah sereal gandum. Sereal gandum merupakan makanan sehat, kaya akan vitamin dan kaya serat. Selain itu, sereal gandum mudah untuk dimakan dalam perjalanan.

Pilihlah bekal yang sehat

Jika Anda membawa sandwich sebagai bekal makan siang Anda, buatlah sandwich dengan komposisi yang sehat. Gunakan roti gandum bukan roti putih biasa. Serat pada roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga Anda akan kenyang lebih lama. Tambahkan satu sendok makan mayonaise dan beberapa iris daging. Agar lebih sehat, tambahkan pula beberapa sayuran seperti tomat, selada atau mentimun.

Bijaksana mengkonsumsi fastfood

Jika Anda penggemar fastfood Anda pasti akan sulit untuk melewatkan kentang goreng. Makanan fastfood boleh saja Anda konsumsi. Namun, Anda harus membatasi porsinya. Pesanlah fastfood dengan paket yang kecil, paket kecil biasanya untuk anak-anak. Dengan cara ini Anda bisa mengurangi asupan kalori dari fastfood hingga setengahnya.

Memesan pizza yang lebih sehat

Jadikan pizza yang Anda makan menjadi makanan sehat dan rendah kalori. Lupakan peperoni dan keju tambahan, ganti mereka dengan sayuran segar. Jika Anda ingin tambahan daging, tambahkanlah daging ayam sebagai pilihan sehat. Pizza berbahan dasar gandum akan lebih baik bagi kesehatan Anda. Jangan lupa untuk memesan pizza dalam ukuran yang lebih kecil.

Memilih tempat hangout yang sehat

Jika teman Anda mengajak hangout, ajaklah mereka ke tempat yang menyediakan makanan sehat. Untuk makanan ringan, pesanlah sayuran mentah dan buah-buahan bersama dengan beberapa kacang, hummus, atau guacamole dip. Jika ingin rasa asin, pilihlah biskuit gandum, pretzel, atau kue beras. Untuk hidangan utama, Anda bisa memesan mini sandwich dengan menggunakan roti gandum, daging tanpa lemak, seperti kalkun atau ayam, dan tambahkan sayuran.

Pilihlah makanan pencuci mulut yang sehat

Selama ini Anda mungkin sudah terbiasa makan es krim setelah menyantap hidangan utama. Untuk mengurangi kalori Anda, gantikan es krim dengan yogurt dingin dan tambahkan beberapa irisan buah segar di atasnya. Selain yogurt, pengganti es krim lain yang rendah kalori adalah puding, agar-agar atau es krim dengan lebih banyak buah.

Belanja makanan sehat

Sangat mudah membuat pilihan sehat jika Anda memiliki makanan sehat di rumah. Nah, bagi para remaja yang sangat rentan dengan godaan junk food, coba ajak orang tua Anda untuk belanja bersama. Ajak mereka untuk belanja makanan yang sehat bagi keluarga, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Berikanlah pengertian kepada orang tua Anda bahwa memilih makanan yang sehat merupakan awal dari hidup sehat.

Nah, bagi Anda yang sedang berdiet dengan berlapar-lapar menahan nafsu ‘ngemil’, kini saatnya untuk mengubah pola diet Anda dengan ‘ngemil’ makanan yang lebih sehat.

sumber : duniafitnes.com
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA