Ahad 09 Dec 2012 18:13 WIB

Udinus Geser UGM dari Puncak Klasemen

Rep: heri purwata/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim putra Universitas Dian Nuswantara (Udinus) Semarang menjadi tim yang belum terkalahkan hingga putaran keempat.

Kini Udinus mengumpulkan angka 16 dan menempati urutan pertama klasemen sementara kompetisi bola basket Liga Mahasiswa (Lima) Central Java-Yogyakarta Conference 2012.

Ahad (9/12), Udinus mencetak kemenangan 52-35 atas  Universitas Katolik Soegijapranata (Unika). Dengan kemenangan ini Udinus menggeser posisi UGM yang juga mengumpulkan total nilai 16. Hingga putaran keempat ini Udinus baru main delapan kali, sedang UGM telah main sembilan kali dengan dua kali kalah.

Udinus masih menyisakan tiga pertandingan melawan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Dari tiga pertandingan ini Udinus sudah dapat dipastikan minimal akan menambah tiga angka. Sehingga dapat diprediksikan Undinus akan menjadi juara dengan mengantongi nilai 19.

Sedang UGM akan melawan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, dan Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY). Dari dua pertandingan ini UGM dipastikan minimal mendapat dua nilai.

Sementara pertandingan lain, USD berhasil mengalahkan UPN dengan angka 64-49. Kemenangan ini bagi USD dapat digunakan untuk menaikan peringkat.

Saat ini, USD sudah sembilan kali bertanding dan mengantongi total nilai 12. USD masih menyisakan dua pertandingan dengan tim papan atas UAJY dan UGM. Dari dua pertandingan ini minimal dapat dua angka sehingga diprediksikan total nilai akhir 14.

Menurut pelatih USD, Dwi Guntoro yang dimintai komentar seusai pertandingan mengatakan timnya tidak mentargetkan masuk final four, namun bisa masuk pada papan tengah. "Target kita telah tercapai dengan masuk di papan tengah," kata Dwi Guntoro.

Sedang pelatih UPN, Felix Rivialdi mengatakan anak asuhnya memang sudah tidak bisa lolos masuk final four. Namun ia tetap mengintruksikan anak asuhnya agar tetap semangat dalam bertanding. "Ini untuk memperbaiki peringkat dan memberikan pengalaman bertanding," kata Felix kepada Republika Online di GOR UII Sleman.

Di bagian putri, Udinus juga masih terbuka bisa masuk ke empat besar. Saat ini Udinus telah mengantongi nilai 11 dari enam kali pertandingan. Sehingga masih ada tiga pertandingan melawan UPN Yogyakarta, Unnes Semarang dan UNS Solo.

Sedang UGM sudah dapat dipastikan sebagai juara pool dengan mengantongi total nilai 17. Sedang rival terdekatnya UAJY mengantongi nilai 14 dan masih menyisakan satu pertandingan, sehingga kalaupun UAJY menang total nilainya hanya 16.

UNS yang berada di posisi ketiga memiliki nilai 13, dan masih menyisakan satu pertandingan. Kalau pun UNS menang hanya mendapatkan total nilai 15, sehingga tidak bisa menggeser UGM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement