Rabu 18 Apr 2012 18:32 WIB

Alex Noerdin Minta Restu Din Syamsuddin

Rep: Indah Wulandari/ Red: Karta Raharja Ucu
Pasangan calon gubernur-cawagub Alex Noerdin dan Nono Sampono bersilaturahim dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Rabu (18/4).
Pasangan calon gubernur-cawagub Alex Noerdin dan Nono Sampono bersilaturahim dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Rabu (18/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan calon gubernur-cawagub DKI Jakarta Alex Noerdin dan Nono Sampono bersilaturahim dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Rabu (18/4). Alex mengaku kedatangannya menemui Din adalah untuk meminta restu warga Muhammadiyah Jakarta untuk maju dalam Pemilukada DKI Jakarta.

"Kami berdua kulonuwun (permisi --Bahasa Jawa), ngetok pintu masuk dan minta doa restu kepada warga Muhammadiyah di Jakarta," ungkap Alex di hadapan wartawan yang memadati ruangan Din di Gedung Pusat Dakwah PP Muhammadiyah Jakarta, Rabu (18/4).

Selain Din, para pengurus PP Muhammadiyah turut hadir menemui Alex-Nono, begitu pula Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan beberapa kalangan pengusaha Muhammadiyah.

Alex menyebut, dirinya memiliki kedekatan dengan Din. Tapi, kedekatan itu diklaim Alex bukan hanya timbul jelang Pemilukada. Namun, terjalin karena dukungan dari pihak Muhammadiyah terhadap program-programnya di Sumatera Selatan.

"Dari dulu dekat dengan Muhammadiyah bukan hanya menjelang Pilkada saja. Justru RS Muhammadiyah menunjang jaminan kesehatan rakyat semesta. RS Muhammadiyah maju terdepan mendukung program ini," jelas Alex.

Ucapan Alex diamini Din yang mengaku secara pribadi intens mengikuti karier Alex sebagai bupati dan gubernur. Menurutnya, banyak program-program yang berhasil membantu masyarakat di Sumsel. Ia pun berpesan agar Alex-Nono lebih intens mencari solusi atas permasalahan Jakarta yang lebih kompleks.

"Pak Alex tak asing lagi dengan Muhammadiyah yang banyak membantu acara Muhammadiyah di Sumatera Selatan," terang Din di hadapan wartawan yang memadati ruangannya di Gedung Pusat Dakwah PP Muhammadiyah Jakarta, Rabu (18/4).

Meski menyatakan kekaguman pada tekad Alex-Nono untuk mencalonkan diri sebagai DKI1, Din tidak mau menyebutkan sebentuk dukungannya dengan jelas pada calon manapun. Lantaran PP Muhammadiyah secara khittoh, ungkapnya tidak terkait parpol manapun dan tak terlibat dalam politik kekuasaan. Namun sebagai ormas keagaamaan, Muhammadiyah masuk kategori aspiran riil. Sehingga mempunyai jamaah aktif sebagai warga negara demokrasi.

"Saya dan Muhammadiyah tidak dalam posisi mencalonkan atau mendukung secara kelembagaan. Saya bersahabat dengan Pak Alex," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement