Kamis 06 Dec 2012 12:53 WIB

Peringati Hari AIDS Bersama Indosat

Peduli HIV/AIDS
Foto: Antara
Peduli HIV/AIDS

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Indosat berbagi informasi tentang sejarah AIDS. Salah satu cara memperingati hari AIDS sedunia pada 1 Desember lalu. Informasi dibagikan melalui akun twitter @IndosatMania. Tema yang diangkat adalah “Stop AIDS Melalui Kesetaraan Gender Untuk Menghapus Segala Bentuk Stigma dan Diskriminasi”.

AIDS adalah singkatan dari ‘acquired immunodeficiency syndrome’ dan menggambarkan berbagai gejala dan infeksi yang terkait dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV dianggap sebagai penyebab AIDS. HIV merupakan retrovirus yang menjangkit kekebalan tubuh manusia dan menghancurkan fungsinya.

 

AIDS pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 1981. Centers for Disease Control and Prevention pada saat itu menemukan sebuah peristiwa yang tidak dapat dijelaskan oleh alat medis.

Di Indonesia, Bali adalah tempat pertama terkena penyakit ini. Orang Indonesia yang pertama kali dilaporkan meninggal karena AIDS pada Juni 1988. Sejak saat itu, AIDS menjadi perhatian khusus di kalangan tenaga medis.

Penulis: Kania Pratiwi (Fakultas Bahasa dan Seni UNJ)

sumber : Universitas Negeri Jakarta
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement