Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Lagi, Iran Tangkap Pesawat tak Berawak AS

Selasa 04 Dec 2012 18:15 WIB

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani

Pesawat Tanpa Awak AS

Pesawat Tanpa Awak AS

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, Militer Iran berhasil menangkap sebuah pesawat tak berawak AS yang terbang di memasuki kawasan Iran, Selasa (4/12). Pesawat ScanEagle milik AS tersebut diklaim telah memata-matai perairan Teluk dan memasuki wilayah Iran untuk mengambil gambar dan informasi.

Pesawat tersebut keburu terendus unit angkatan laut Pengawal Revolusi Islam (IRGC). Unit itu, menurut kantor berita setempat, Fars, tengah bersiaga di daerah tersebut.

Komandan angkatan laut IRGC, Ali Fadavi, mengonfirmasi bahwa anak buahnya telah menangkap pesawat tak berawak AS itu. Menurutnya pesawat itu hanyalah pesawat biasa dan tidak berteknologi canggih. "(Pesawat) Ini jenis pesawat biasanya yang diluncurkan dari kapal-kapal besar," kata Fadavi kepada Fars yang dilansir Alarabiya.

Pesawat ScanEagle yang diproduksi Boeing Co tersebut adalah drone empat kaki yang cukup panjang dan memiliki lebar sayap 10-kaki (tiga meter) seperti dimuat dalam website perusahaannya.

Di pihak AS sendiri, juru bicara Angkatan Laut AS masih enggan untuk berkomentar terkait pernyataan Iran. Kejadian serupa pernah terjadi di Bulan November. AS mengatakan pesawat tempur Iran menembaki pesawat tak berawak mereka yang terbang di wilayah udara internasional. Namun Iran mengklaim pesawat tersebut masuk wilayah udaranya.

Bulan lalu, Duta Besar Iran untuk PBB, Mohammad Khazaee, telah melayangkan surat kepada Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-Moon yang berisi keluhannya tentang pelanggaran AS yang berulang kali masuk wilayah udara Iran. Hal itu di klaim Iran sebagai tindakan ilegal dan provokatif. Namun iran juga menyatakan sikapnya akan menindak tegas setiap ‘gangguan-gangguan asing’ yang masuk ke wilayah udaranya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA