Jumat 30 Nov 2012 17:22 WIB

Kopertis III Gelar Workshop Jurnalistik untuk Mahasiswa

peserta workshop jurnalistik dari LP3I
Foto: lp3i
peserta workshop jurnalistik dari LP3I

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- KOPERTIS (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta) kembali mengadakan Peningkatan kompetensi Jurnalistik bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jabodecitabek yang dihadiri 184 peserta yang menjadi perwakilan dari sejumlah kampus. Acara diselenggarakan di hotel Grand Ussu Cisarua Bogor, LP3I Politeknik Jakarta pada acara ini mengirimkan  perwakilan mahasiswanya dari masing masing jurusan.

Acara yang diselenggarakan selama 2 hari (19-20/11) bertemakan “Workshop Peningkatan Kompetensi Jjurnalistik Untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta KOPERTIS Wilayah III Tahun 2012”. Ditujukan agar dapat melatih dan menambah keahlian mahasiswa agar semakin siap menghadapi dunia kerja. Acara yang dibuka oleh Prof Dr Ilza Mayuni MA dan diwakilkan sekretarisnya ini mengatakan, ''Perguruan Tinggi yang kami undang pada acara ini berjumlah 144 PTS, dan spesifikasi pesrta yang tercatat sampai sekarang ini terdiri dari 100 Mahasiswi dan 84 Mahasiswa, dari jumlah peserta itu pun pada pelaksanaannya terbagi menjadi 2 bagian yaitu bidang Jurnalistik dan bidang Fotografi”.

Mengenal Jurnalistik merupakan materi pertama yang disampaikan oleh Dr Asrul M Mustaqim MS. Materi yang terasa ringan ini dijelaskan sehingga semua peserta dapat mengikuti dan dapat mudah memahami. ”Menulis itu mudah” tegasnya.

Sebagian peserta mendapatkan materi tentang “Teknik Menulis Feature” yang disampaikan oleh M Subarkah - Redaktur Harian Republika. Sedangkan peserta lainnya mendapatkan materi  bidang Fotografi mengenai “Pemilihan Sudut Pandang (Angle) Photografi Jurnalistik” yang disampaikan oleh M Yassin. Materi tersebut disampaikan pada tempat yang berbeda agar semua peserta dapat konsentrasi dengan baik..

Pada tugas akhir dimana semua peserta ditugaskan untuk meliput berita dengan memilih amplop yang telah dibagi 3 tema yaitu, Ekonomi, Sosial dan Hukum. Setiap kelompok peliputan wajib mengambil 1 (satu) buah foto yang sesuai dengan tema kelompoknya dan tidak diperkenankan memanipulasi dengan aplikasi komputer. Area pencariannya hanya sekitar daerah puncak, dimulai dari Gadog sampai dengan Cipanas. (adv)

sumber : LP3I
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement