Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Keuntungan Motor Injeksi

Jumat 30 Nov 2012 11:43 WIB

Red: Redaksi SPORTKU

Keuntungan Motor Injeksi

Keuntungan Motor Injeksi

SPORTKU.COM - Dewasa ini, produsen motor pastinya berlomba untuk memberikan yang terbaik untuk para konsumen sehingga dapat menguasai pasar motor tanah air. Dari yang hanya menambahkan fitur-fitur, hingga merubah teknologi dari motornya. Salah satunya juga sudah mulai banyak berdatangan motor-motor dengan mengusung sistem bahan injeksi yang sedang menjadi trend di Indonesia.

Sebagai contoh dua perusahaan motor terbesar di Indonesia yaitu Honda dan Yamaha. Sudah banyak motor yang dipasarkan oleh kedua perusahaan ini seperti yang kita kenal dengan YMJET-FI untuk yamaha dan PGM-FI untuk honda. Namun apa sebenarnya kelebihan dari motor injeksi.

keuntungan motor injeksi, motor injeksi, kelebihan motor injeksi, PGM-FI, YMJET-FI

Pertama, pada motor Injeksi, Volume penyemprotan bensin ke dalam ruang bakar akan selalu akurat karena dikontrol oleh sistem ECU ( Engine Control Unit ). Hal ini berdampak pada Campuran udara dan bensin akan selalu akurat perbandingannya pada semua tingkat putaran mesin. Kondisi ini memberikan keuntungan dengan mengurangi emisi gas buang dan lebih hemat pemakaian bensin.

Kedua, pada motor karburator, jarak antara pengabut bensin (spuyer) dengan silinder jaraknya agak jauh, dan juga perbedaan bobot berat jenis antara bensin dan udara mengakibatkan volume udara yang masuk tidak imbang dengan jumlah bensin yang dihisap. sehingga tarikan menjadi kurang responsif.

Sedangkan untuk motor injeksi, penempatan injektor berdekatan dengan silinder. Saluran Bensin yang menuju injektor memiliki tekanan lebih tinggi dari tekanan intake manifold. Sehubung dengan diameter mulut injektor sangat kecil, maka bensin yang menyembur akan berbentuk kabut. Saat katup gas dibuka, udara dan bensin menghasilkan campuran yang seimbang dan ideal, dibantu dengan mutu api yang bagus akan menghasilkan pembakaran sempurna. Hasilnya tarikan lebih responsif sesuai perubahan katup gas.

Ketiga, Pada temperatur rendah (dingin) menghidupkan mesin karburator dibutuhkan campuran lebih gemuk dengan menarik cuk. Cara manual ini tak lagi diperlukan pada motor injeksi karena sudah dilengkapi dengan sensor temperatur mesin serta sensor temperatur udara masuk sehingga mesin mudah dihidupkan tanpa dipengaruhi kondisi cuaca.

keuntungan motor injeksi, motor injeksi, kelebihan motor injeksi, PGM-FI, YMJET-FI

Keempat, dari segi perawatan Injeksi tidak ada sesuatu yang dilakukan. Karena selain steril, juga telah dibantu dengan filter sebelum masuk ke dalam injektor. Hal ini mempermudah dari segi perawatan.

Kelima, pada knalpot motor injeksi biasanya dilengkapi dengan catalytcs converter (CC), sistem ini akan merubah hasil pembakaran yang berbahaya menjadi zat yang lebih ramah dengan lingkungan dengan menggunakan sistem sensor O2

sumber : motor.sportku.com
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA