Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Jambore Mahasiswa Muslim, Ajang Pererat Ukhuwah

Kamis 29 Nov 2012 14:04 WIB

Red: Miftahul Falah

Outbound peserta JMM di hutan Wanagama.

Outbound peserta JMM di hutan Wanagama.

Foto: Dwi/ Adit

 

UKKI mempelopori sebuah agenda besar bertajuk Jambore Mahasiswa Muslim (JMM) UNY pada 23-25 November 2012. Kegiatan yang dilaksanakan di hutan pendidikan Wanagama, Wonosari ini, diikuti oleh 208 orang peserta dari enam fakultas di UNY.

Menurut  Ketua Panitia JMM Wildanul Firdaus, acara ini bertujuan untuk membangun atau mempererat ukhuwah antar sesama mahasiswa muslim. Tema yang diangkat untuk JMM kali ini yaitu, “Dengan Cinta Kita Bahagia, dengan Berkemah Kita Berukhuwah.” Alasan mengapa tema itu diangkat, menurut Wildan karena ingin membangun cinta dan ukhuwah sesama muslim, sehingga tema itu dianggap tepat.

Derasnya hujan pun memayungi para peserta yang berangkat pada Jumat (23/11) Pkl. 16.30 WIB dari Hall Rektorat. Ada beberapa agenda yang dilaksanakan selama tiga hari di hutan Wanagama.

Pada malam pertama peserta sampai di hutan Wanagama, kegiatan diisi dengan pembukaan acara dan dilanjut materi oleh Bapak Sabar Nurrohman. Setelah itu, para peserta dapat istirahat hingga pukul 03.00 WIB.

Peserta pun dibangunkan untuk sholat tahajud. Karena kegiatan itu dilaksanakan bertepatan dengan tanggal 9 dan 10 Muharram, tidak sedikit peserta yang menjalankan puasa sunnah. Tentunya itu menjadi tantangan iman tersendiri di tengah kegiatan yang padat dan menguras banyak energi.

Pada hari kedua, kegiatan masih diisi dengan materi dan dilanjutkan dengan lomba-lomba yang terdiri dari enam perlombaan. Perlombaan itu di antaranya: Lomba Kreasi Roti, MTQ, Da'i-Da'iyah, Puisi, Teknologi Tepat Guna, dan CCA (Cerdas Cermat Agama). Lomba ini berlangsung hingga menjelang Dzuhur.

Setelah Dzuhur, para peserta dimanjakan oleh film yang menggambarkan tentang perjuangan saudara-saudara kita di Palestina. Banyak hal berharga yang dapat dipetik dan diambil pelajaran dari film tersebut. Tidak sampai di situ, selepas sholat Ashar kegiatan dilanjutkan dengan bedah film yang baru saja ditonton bersama.

Malam hari pun tiba dan diisi dengan kegiatan pentas seni. Acara nampak meriah walau pentas seni untuk putra dan putri dilakukan secara terpisah.

Ahad (25/11) menjadi hari yang ditunggu-tunggu karena ada outbound. Peserta dari seluruh fakultas diacak menjadi satu kelompok, sehingga lebih banyak saudara yang  bisa dikenal dalam acara itu.

Selain agenda-agenda untuk peserta, dalam kegiatan JMM ini juga diadakan penggalangan dana untuk saudara-saudara kita di Palestina. Hal ini untuk menunjukkan kepedulian kita kepada saudara-saudara kita seiman.

Kegiatan ini pun sayangnya harus berakhir pada Ahad (25/11) sore, saat hujan kembali mengguyur bumi Allah. Kebersamaan selama JMM membuat masing-masing peserta memiliki komentar sendiri mengenai agenda JMM ini.

Tanggapan seorang mahasiswi pendidikan IPA angkatan 2012 Siti Sulastri, “ Ngerasa lebih positif aja, bisa meng-upgrade diri terutama dalam mendekatkan diri pada Allah. Efeknya, jadi kenal teman baru terutama dari luar fakultas.”

Tanggapan juga datang dari mahasisiwi jurusan Teknik Mesin angkatan 2012 Intan Ratnasari, “Tambah teman, pengetahuan, dan lebih mendekatkan ukhuwah. Kalau kesan... capek tapi senang.”

Semoga kebersamaan yang telah terjalin oleh 208 peserta JMM dapat selalu terjaga. Semoga menjadikan Islam lebih kuat serta matang dalam menyongsong masa depan dengan pemuda-pemuda yang lebih tangguh. (Dwi/ Adit)

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA