Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Kemenangan Pertama Ceko Setelah Pisah dari Slowakia

Senin 19 Nov 2012 19:18 WIB

Rep: Citra Listya Rini/ Red: M Irwan Ariefyanto

Tim Ceko merayakan kemenangan

Tim Ceko merayakan kemenangan

Foto: daviscup.com

REPUBLIKA.CO.ID,PRAHA -- Republik Ceko kali pertama berhasil mengangkat Piala Davis sejak merdeka menyusul perpisahan dengan Slowakia pada 1993. Cekoslowakia memenangi trofi bergengsi ini pada 1980.

Kemenangan Republik Ceko di O2 Arena tersebut melengkapi keberhasilan tim putri mereka yang dua pekan lalu mengangkat Piala Fed di tempat yang sama. Penyatuan gelar bergengsi ini merupakan momen yang langka terjadi.

Sebelumnya terakhir kali gelar bergengsi tenis beregu putra dan putri dapat disandingkan bersama dilakukan oleh tim AS pada 1990 silam. Sontak, 14 ribu penonton yang sebagian besar pendukung Republik Ceko ini terharu menyambut kemenangan bersejarah negaranya.

Termasuk juga, Ivan Lendl, Tomas Smid, Jan Kodes and Pavel Slozil, para pahlawan kemenangan Cekoslowakia pada tahun 1980 yang terlihat meneteskan air mata menyaksikan kemenangan bersejarah Republik Ceko.

Meski bermain kurang apik untuk membela negaranya, petenis Tomas Berdych turut bahagia ikut ambil bagian dalam sejarah kemenangan Republik Ceko. "Tidak ada kata-kata yang tepat untuk disampaikan. Tidak dapat dijelaskan. Ini adalah hal terbaik yang dapat terjadi," ujar petenis perngkat enam dunia ini.

Sebaliknya di kubu Spanyol, kekalahan ini merupakan kegagalan tragis setelah selama lima tahun terakhir negara Matador tiga kali keluar sebagai juara Piala Davis. Pada turnamen Piala Davis 2012 ini, Spanyol tidak diperkuat petenis andalannya yang masih harus memulihkan cedera lututnya, Rafael Nadal.
"Kami sedih melihat kekalahan ini, tapi tim Republik Ceko bermain lebih bagus dibandingkan kami. Selamat atas kemenangan mereka, kami siap untuk beraksi kembali," ucap Ferrer mewakili kubu Spanyol seperti dikutip NDTV Sport.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA