Rabu 14 Nov 2012 01:41 WIB

Tips Agar Tidur tidak Mendengkur

Rep: Umi Lailatul/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang tanpa disadari, sebagian orang mendengkur/ ngorok saat tidur. Kebiasaan itu menurut ahli Daniel P Slaughter bisa mengganggu sistem pernapasan selama tidur, meningkatkan risiko penyakit jantung bahkan masalah dalam pernikahan. 

Nah, berikut adalah tips untuk menghentikan kebiasaan mendengkur seperti dikutip dari Web MD: Pertama, ubah Posisi Tidur Anda. Tidur dengan posisi telentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit bergerak ke 

tenggerokan anda. Hal ini akan menimbulkan suara dengkuran saat tidur. Cobalah ubah posisi tidur anda menjadi miring. 

"Sebuah bantal dapat membantu anda memperbaiki posisi tidur ini," kata Slaughter. 

Pakar lainnya Chokroverty menyarankan untuk menaruh bola tenis di belakang baju tidur anda. Hal ini dapat membantu anda agar tidak tidur telentang. "Atau anda dapat tidur dengan berbaring pada posisi kepala ke atas," ungkap Chokroverty. 

Cara ini dapat membuka jalan pernapasan bagian hidung dan mencegah bunyi dengkuran. Namun, metode ini juga dapat menyebabkan sakit leher. 

Yang kedua, turunkan Berat Badan. Jika anda mulai mendengkur saat berat badan mulai naik, mungkin karena itulah anda menjadi suka mengorok. Menurunkan berat badan bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. 

"Kenaikan berat badan terutama di leher dapat menyempitkan diameter tenggorokan sehingga menimbulkan bunyi dengkuran saat tidur," kata Slaghter.  

Ketiga, hindari Konsumsi Minuman Beralkohol. Alkohol dan obat penenang dapat mengurangi kinerja otot-otot di bagian belakang tenggorokan. Hal inilah yang dapat menyebabkan bunyi dengkuran saat tidur. 

"Minum alkohol 4-5 jam sebelum tidur bisa menyebabkan seseorang mengorok. Orang-orang yang biasanya tidak mendengkur akan mendengkur setelah minum alkohol, "kata Chokroverty.

Keempat, cukup Tidur. Menurut Slaughter, kebiasaan tidur yang buruk memiliki efek yang sama dengan minum alkohol. Anda seharusnya memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Jam kerja yang panjang tanpa tidur yang cukup dapat menyebabkan kelelahan. Saat anda lelah, otot tubuh tidak bekerja dengan baik sehingga menimbulkan suara dengkuran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement