Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Pelayanan Maksimal Rutan Klas IIB Serang

Rabu 07 Nov 2012 07:00 WIB

Rep: feby/ Red: M Irwan Ariefyanto

Rumah Tahanan Serang

Rumah Tahanan Serang

Foto: kementerian hukum dan ham

REPUBLIKA.CO.ID,SERANG -- Pelayanan di RUTAN Klas IIB akan ditingkatkan semaksimal mungkin. Kepala Rutan Klas IIB Serang Veri Johannes  mengaku dirinya yakin akan mencapai target yang dibebankan Kementerian Hukum dan HAM. ''April lalu, kami sudah melaksanakan sebagian program tersebut. Tinggal 1 (satu) dari 8 (delapan) program Aksi yang dipastikannya dapat dituntaskan di akhir Bulan Novemper ini,'' ujarnya, Rabu (7/11).

Kedelapan program tersebut adalah Optimalisasi layanan PAS berbasis IT, Optimalisasi SDP (sistem database pemasyarakatan), peningkatan kualitas pelayanan PAS bebas pungli, peningkatan kualitas SDM, rotasi SDM, optimalisasi bengkel kerja bangkit, analisa kebutuhan tugas dan fungsi, dan Peningkatan Pengawasan.

Sehubungan dengan pelayanan masyarakat, Veri mengaku timnya memonitor terus pelayanan maksimal kepada masyarakat dengan cara menempatkan tiga boks khusus di depan pintu layanan kunjungan. Tiga boks ini isinya soal tingkat kepuasan masyarakat yang berkunjung ke rumah tahanan. ''Kami mencatat setiap harinya isi dari kotak kepuasan pengunjung Rutan Klas IIB Serang ini dan setiap minggunya di hitung agar bisa menjadi evaluasi kami,'' katanya.

Tingkat kepuasan masyarakat adalah menyangkut pelaksanaan layanan public yang terintegrasi didalamnya adalah layanan kunjungan yang berbasis IT (teknologi informasi), layanan informasi dan layanan pengaduan. Layanan kunjungan berbasis IT adalah upaya peningkatan layanan kunjungan untuk meminimalisir terjadinya praktek pungli. Layanan informasi dalam rangka memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat karena terintegrasi dengan SDP (Sistem Database Pemasyarakatan ) dan layanan pengaduan juga sebagai bentuk upaya mencapai kepuasan masyarakat akan sarana pengaduan masyarakat.

Selain boks indeks pengukur tingkat kepuasan masyarakat menyangkut pelayanan tersebut, Veri Johannes juga mengedepankan tentang laporan isi penghuni melalui SMS Gateway system dan data warga binaan melalui SDP (Sistem Database Pemasyarakatan ) yang keduanya juga menjadi prioritas di RUTAN KLAS IIB Serang. Semua laporan baik melalui SDP  (Sistem Database Pemasyarakatan) dan SMS Gateway Sytem, tidak ada kata terlambat.

Menurut Veri Johannes baik 8 program Aksi Pemasyarakatan pencatatan data dalam SDP serta pelaporan SMS gateway merupakan program” unggulan” pemasyarakatan yang harus dilaksankan dan diselesaikan dan  Rutan Serang telah merampungkannya.

Diakui Kepala RUTAN KLas IIB Serang , kendala yang paling menonjol adalah masalah SDM  tidak mudah merubah mainset pegawai untuk mengajak mereka melayani masyarakat, , namun ini bukan menjadi halangan, hanya dengan komunikasi, arahan dan motivasi Veri Johannes yakin akan dapat mengajak seluruh bawahannya menjalankan semua program khususnya peningkatan pelayanan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Provinsi Banten Haviludin mengaku dirinya mendukung perubahan-perubahan yang dilakukan dibawah jajarannya. (adv)


            

sumber : Kementerian Hukum dan HAM
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA