Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Lima Manfaat Dahsyat Mengonsumsi Pisang

Kamis 01 Nov 2012 06:19 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi

Pisang

Pisang

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  --  Tetsuya Ogawa, leader sekaligus pemain bas band rock terkenal asal Jepang, L'arc~en~C'iel, sangat menyukai pisang. Bahkan, karena terlampau sukanya dengan buah ini, Tetsu menjadikan pisang sebagai self icon dirinya yang disebut 'Mukimpo' atau 'My Banana'.

Oleh karena itu Tetsu selalu mengakhiri aksi panggungnya dengan melempar sekeranjang pisang untuk penggemar-penggemarnya.

Seluruh personil BigBang, grup band asal Korea, menyukai hal yang sama, yaitu memakan pisang di setiap jeda istirahat mereka.

Berikut ini, Republika akan memaparkan lima manfaat dahsyat dari pisang yang mungkin belum diketahui pembaca. Manfaat berikut berdasarkan hasil penelitian di Inggris, dikutip dari uniqee.com, Kamis (1/11).

Pertama, meningkatkan daya otak. Di sebuah sekolah di Inggris, 200 orang pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya karena membiasakan diri sarapan dengan pisang.

Ratusan pelajar ini juga kerap mengonsumsi pisang disaat jam istirahat dan jam makan siang. Alasannya, pisang dapat meningkatkan kemampuan otak.

Kedua, mengurangi stres. Pisang mengandung potasium yang merupakan mineral penting untuk membantu menormalkan detak jantung. Zat-zat yang terkandung dalam pisang akan mengirimkan oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kelembaban dalam tubuh.

Potasium dalam tubuh akan berkurang drastis ketika seseorang mengalami stres dan menyebabkan metabolisme tubuh meningkat secara dramatis. Dengan memakan pisang, kadar potasium dalam tubuh akan seimbang.

Ketiga, mengobati maag. Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak menimbulkan iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag.

Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, karena teksturnya yang lembut. Pisang mampu menetralkan asam lambung. Bagi seseorang yang memiliki penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, maka dapat mengonsumsi pisang ditambah segelas susu.

Keempat, sumber energi. Pisang dapat dicerna dengan mudah, sehingga gula yang terkandung di dalamnya akan diubah menjadi sumber energi yang baik untuk pembentukan tubuh dan otot. Pisang juga bagus menghilangkan rasa lelah.

Kelima, gizi untuk ibu hamil. Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi pisang sebab mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin. Pisang akan membantu pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat saat sang bayi lahir. Dahsyat kan?

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA