Selasa 30 Oct 2012 07:34 WIB

Terapi Nutrisi Okinawa untuk Lansia

Label nutrisi makanan (ilustrasi)
Foto: blog.foodnetwork.com
Label nutrisi makanan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pola makan masyarakat usia lanjut dari Okinawa, Jepang, ternyata mampu membuat mereka tetap sehat dan panjang umur, kata dokter ahli geriarti dari RSCM-FKUI, Dr. dr. Nina Kemala Sari, SpPD, FINASIM.

"Oleh sebab itu, pola makan ini bisa dijadikan terapi nutrisi bagi usia lanjut yang terancam malnutrisi," ujar Nina pada jumpa pers di Jakarta, Senin.

Meminum minimal delapan gelas air dalam sehari, adalah hal dasar yang wajib dilakukan. Nina menjelaskan bahwa hal ini berfungsi untuk menjaga hidrasi tubuh, sehingga mencegah penurunan metabolisme.

Selain itu, Nina menekankan konsumsi nutrien Ca, vit D dan B12, merupakan hal penting yang tidak boleh terlupakan.

"Asupan karbohidrat sebisa mungkin kompleks, sebagai sumber energi utama yang harus diperhatikan. Contoh karbohirat kompleks seperti beras merah atau gandum," jelas Nina.

Lemak dan protein tinggi pada pola makan Okinawa tetap diperlukan, namun dalam hal ini Nina menyatakan bahwa sumber untuk asupan lemak dan protein tinggi yang harus diperhatikan.

"Kurangi daging merah, sebagai gantinya cobalah ikan dan perbanyak lemak serta protein nabati yang berasal dari kacang-kacangan, buah, sayur, dan mentega," ujar Nina.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement