Ahad 28 Oct 2012 07:00 WIB

Separuh Kekuatan Pemuda Indonesia Ada di Luar Negeri

REPUBLIKA.CO.ID,Pemuda Indonesia telah banyak menorehkan tinta emas dalam perjalanan Bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda Tanggal 28 Oktober 1928 merupakan langkah untuk mempersatukan Indonesia menjadi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu Indonesia. Proklamasi Bangsa Indonesia pada tgl 17 Agustus 1945 juga bagian sejarah terbesar dalam perjuangan Pemuda Indonesia terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

Peran Pemuda Indonesia sekarang terus mengalami distorsi. Kekuatannya pemuda terbagi-bagi dalam beberapa bagian. Pemuda yang dalam negeri sekarang terpecah-pecah karena kepentingan. Padahal kekuatan pemuda yang di dalam negeri hanyalah separuh kekuatan pemuda yang ada. Separuh lagi kekuatan pemuda ada diluar negeri. Kekuatan Pemuda yang diluar negeri terhimpun dalam wadah Perhimpunan Pelajar Indonesia se-dunia. Sayangnya, Kekuatan ini nyaris terlupakan atau sengaja dilupakan.

Apabila dipelajari dari sejarah Indonesia , ternyata kekuatan Pemuda Indonesia baru  mempunyai impact ketika bersatu dengan kekuatan yang ada di luar negeri.  Perhimpunan Pelajar Indonesia se-dunia tersebar di  38 negera. Mereka menuntut ilmu dan terus menyuarakan perubahan untuk kemajuan bangsa Indonesia dan terus membangun diaspora Indonesia.

Sinergi Kekuatan Pemuda dalam negeri dan diluar negeri harus dilakukan segera, mengingat bangsa Indonesia sekarang ini sudah mulai kehabisan energi yang muda untuk melakukan upaya-upaya terobosan perubahan menuju Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera. Kekuatan Pemuda ini sangat dinamis sehingga bisa bergerak lincah dan berani menghadapi tantangan. Saatnya bersinergi untuk Indonesia bagus.

 

penulis: Zulham Effendi (Koordinator PPI se Dunia)

 

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

sumber : PPI
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement